Singgung Penganiayaan di Boyolali, Megawati Ingatkan Aparat Dibesarkan oleh Rakyat

Jum'at, 19 Januari 2024 - 10:46 WIB
loading...
Singgung Penganiayaan di Boyolali, Megawati Ingatkan Aparat Dibesarkan oleh Rakyat
Jelang pemungutan suara Pemilu 2024, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meminta aparat agar peristiwa seperti yang terjadi di Boyolali, tak terulang. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Jelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meminta aparat pemerintahan, memastikan agar peristiwa penganiayaan seperti yang terjadi di Boyolali, Jawa Tengah, tidak terulang lagi.

Hal itu disampaikan Megawati dalam sambutan di hadapan belasan ribu umat yang hadir di perayaan Natal PDIP dan Relawan Damai Sejahtera for Ganjar-Mahfud, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (18/1/2024) malam.

"Jangan korbankan anak-anak itu. Masa tidak sedih," kata Megawati.

Megawati melihat, aparat seperti tidak memahami anak-anak muda yang kadang kreativitasnya bersinggungan dengan aturan. Megawati menegaskan, pernyataan ini bukanlah hendak membenarkan anak muda di Boyolali yang menggunakan knalpot brong.



Hanya saja ia tak sepakat dengan reaksi aparat yang berlebihan. "Kayak tidak pernah muda saja, namanya anak muda. Bukannya saya setuju knalpot brong. Namun kan bukan begitu caranya memperingatkan," ujarnya.

Presiden Kelima RI itu mengingatkan juga, aparat pemerintahan sebenarnya bagian dari rakyat. Maka dari itu, seharusnya jangan pernah menyakiti hati rakyat. Mega pun meminta agar masyarakat biasa yang merasa terintimidasi dengan aparat, agar mengajak mereka bicara.

"Jadi nanti kalau ada yang intimidasi, jangan takut. Katakan, Pak sudahlah, situ anak rakyat, dibesarkan oleh rakyat, diberi gaji oleh rakyat lewat pajak dan sebagainya," tuturnya.

Ia juga meminta agar pihak-pihak tertentu tidak mengorbankan para prajurit dan anggota aparat di bawah untuk berhadapan dengan rakyat biasa.

"Saya ngenes karena yang disuruh turun adalah prajurit dan bintara, yang mungkin suatu hari yang disalahkan mereka juga. Tak adil kan? Tak fair kan? Betul apa tidak?” tanya Mega.

"Betul," balas peserta perayaan Natal yang hadir.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)