Wapres Kenang Buya Syakur sebagai Ulama Cerdas dan Karismatik

Rabu, 17 Januari 2024 - 17:32 WIB
loading...
Wapres Kenang Buya Syakur sebagai Ulama Cerdas dan Karismatik
Wapres Maruf Amin turut menyampaikan belasungkawa atas wafatnya ulama asal Indramayu KH Syakur Yasin yang akrab disapa Buya Syakur. Foto/Dok/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin turut menyampaikan belasungkawa atas wafatnya ulama asal Indramayu KH Syakur Yasin yang akrab disapa Buya Syakur. Buya Syakur tutup usia di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (17/1/2024) dini hari.

"Saya mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya Prof Dr KH Abdul Syakur Yasin," kata Wapres dalam keterangan videonya.

Lebih lanjut Wapres menuturkan, dirinya mengenal Buya Syakur sebagai ulama cerdas dan kharismatik yang kiprahnya merentang luas, menyentuh seluruh kalangan masyarakat.

"Beliau bukan hanya penyebar risalah agama Islam, melainkan juga pembawa pesan kebijaksanaan dan cinta kasih untuk sesama," ujarnya.



Kepribadian kharismatiknya tersebut, kata Wapres, menjadikan Buya Syakur dihormati dan dicintai oleh masyarakat, sehingga warisan kebaikan dan ilmunya pun akan terus dikenang.

"Kepada segenap keluarga Buya Syakur, khususnya keluarga besar Pondok Pesantren Cadangpinggan, Kertasmaya, Indramayu, semoga diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini," tuturnya.

Menurut Wapres, kehilangan seorang ulama besar seperti Buya Syakur bukan hanya kehilangan bagi keluarga, tetapi juga kehilangan bagi bangsa Indonesia.

"Semoga almarhum, almaghfirllah, Buya Syakur diampuni segala kekhilafannya, diterima segala amal kebaikannya, dan ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT," tutup Wapres mendoakan.

Buya Syakur yang lahir pada 1948 di Desa Tulungagung, Kecamatan Sukagumiwang, Indramayu, Jawa Barat tersebut, merupakan tokoh ulama berwawasan luas.

Usai belasan tahun mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Babakan, Ciwaringin, Cirebon, Buya Syakur berkelana dari satu negara ke negara lain untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman.

Buya Syakur pernah pernah belajar di Irak, Suriah, Libya, Tunisia, hingga Mesir. Bahkan disebutkan pula, Buya Syakur pernah menempuh pendidikan di Oxford, Inggris.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)