Kiai Said Nilai Mahfud MD Orang yang Mampu Selesaikan Persoalan Keadilan di Indonesia

Minggu, 14 Januari 2024 - 07:26 WIB
loading...
Kiai Said Nilai Mahfud MD Orang yang Mampu Selesaikan Persoalan Keadilan di Indonesia
Mantan Ketum PBNU Kiai Said Aqil Siroj menyebut cawapres yang diusung Partai Perindo Mahfud MD merupakan orang yang mampu menyelesaikan persoalan keadilan di Indonesia ini. Foto/MPI/ari sandita murti
A A A
JAKARTA - Mantan Ketum PBNU Kiai Said Aqil Siroj menyebut cawapres yang diusung Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Mahfud MD merupakan orang yang mampu menyelesaikan persoalan keadilan di Indonesia ini.

"Kedua, syarat jadi presiden dan wakil presiden berlaku adil. Insyaallah kalau kita pilih presiden yang betul-betul amanah akan menegakan keadilan untuk semua rakyat Indonesia, tak pandang bulu, tak tebang pilih," ujar Kiai Said saat menghadiri Sholawat Persatuan Indonesia di Lamongan, Jawa Timur pada Sabtu (13/1/2024) malam.

Menurutnya, orang berlaku adil merupakan salah satu dari lima syarat yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi presiden dan wakil presiden. Hal itu sebagaimana dijelaskan Imam al-Mawardi dalam Kitab Al-Ahkam as-Sulthaniyyah. "Sekarang ini Pancasila, Sila Pertama, Sila Kedua, Sila Ketiga, Sila Keempat, lumayan ada meningkat, tapi Sila Kelima semakin merosot. Apa itu Sila Kelima, Keadilan Sosial," tuturnya.



Kiai Said menerangkan, persoalan keadilan sosial sebagaimana tercantum dalam Pancasila dewasa ini tergambar dalam peribahasa Semakin jauh panggang daripada api. Sebabnya, pelaku pencurian, seperti Kapuk, Kapas, Semangka, hingga Sandal dipenjara, sedangkan pelaku korupsi dan pencuri uang hingga triliunan rupiah malah dibiarkan begitu saja.

"Yang korupsi, yang mencuri, Kapuk, Kapas, Semangka, apalagi, Sandal dipenjara, yang triliunan tenang-tenang saja. Insyaallah Pak Mahfud yang bisa menyelesaikan masalah ini asal kita juga berada di belakangnya," katanya.

Kiai Said menambahkan, Mahfud MD dinilai sebagai orang yang bisa menyelesaikan persoalan keadilan tersebut di Indonesia ini. Adapun negara tak akan baik dan tak akan maju tanpa keadilan, ekonomi tak maju, pendidikan tak akan baik, hingga demokrasi tak akan tegak kalau tanpa ada keadilan.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2487 seconds (0.1#10.140)