Ziarah ke Makam Gus Dur, Ganjar Selalu Kenang Perjuangannya Menjaga Pluralisme

Jum'at, 12 Januari 2024 - 20:05 WIB
loading...
Ziarah ke Makam Gus Dur, Ganjar Selalu Kenang Perjuangannya Menjaga Pluralisme
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke makam pendiri NU KH Hasyim Asyari dan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Kompleks Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024). Foto/MPI
A A A
JOMBANG - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari dan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Kompleks Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).

Saat tiba, Ganjar yang mengenakan peci hitam berbalut kemeja putih diterima langsung oleh pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau biasa disapa Gus Kikin.



Ia pun diajak untuk berbincang secara tertutup di sebuah ruangan yang ada di Ponpes Tebuireng oleh Gus Kikin. Kemudian, Ganjar bersama Gus Kikin berziarah ke makam Gus Dur.

Lantunan dzikir dan doa dipanjatkan oleh Ganjar secara khusyuk untuk mendoakan Gus Dur. Ganjar pun turut didampingi oleh Putri Gus Dur, yakni Yenny Wahid.

Setelah berziarah ke makam Gus Dur, Ganjar juga menyempatkan berkunjung ke makam KH Hasyim Asy'ari. Di situ dia singgah melontarkan doa dan menaburkan bunga.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan dirinya selalu mengingat semangat perjuangan yang dikobarkan oleh sosok Gus Dur dalam menjaga pluralisme.

“Maka selalu kita ingat, semangat perjuangan beliau dalam menjaga pluralisme Bhinneka Tunggal Ika, itu selalu melakat,” kata Ganjar.

Dikatakan Ganjar, karena hal tersebutlah sosok Gus Dur sangat dihormati. Semangat itulah akan ditirunya sebagai capres yang berkontestasi di Pilpres 2024.

“Kita generasi penerus mengingat itu biar kita selalu punya tingkat toleransi tinggi, saling menghargai dan menghormati,” tuturnya.

Lebih jauh, capres yang identik dengan rambut putih ini mengatakan dirinya tidak pernah lupa akan salah satu pernyataan Gus Dur terkait kontestasi politik.



“Yang saya tidak pernah lupa dalam kontestasi politik, salah satu pernyataan Gus Dur yang menarik adalah ‘yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan’. Itu Gus Dur yang menyampaikan dan saya belajar betul memberikan semangat kepada kita untuk menjaga pluralisme yang ada,” tegas Ganjar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)