Saling Adu Argumen, Debat Capres 7 Januari 2024 Berlangsung Seru!

Kamis, 11 Januari 2024 - 19:01 WIB
loading...
Saling Adu Argumen, Debat Capres 7 Januari 2024 Berlangsung Seru!
Ketiga calon presiden, yakni Prabowo Subianto (kiri), Ganjar Pranowo (tengah), dan Anies Baswedan (kanan) pada ajang Debat Pilpres 2024. (Foto: iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)
A A A
JAKARTA - Debat Pilpres 2024 putaran ketiga kembali digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini mengusung tema pertahanan, keamanan hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Ketiga calon presiden, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo tampak hadir pada debat ketiga ini. Masing-masing calon presiden saling beradu gagasan yang secara umum menyinggung ide pembangunan kekuatan pertahanan, modernisasi alutsista, kesejahteraan prajurit TNI hingga peningkatan kemampuan mengatasi ancaman siber.

Pada debat tersebut, Anies mengkritik kebijakan pemerintah saat ini yang dinilainya tidak efektif dalam menjaga kedaulatan dan keamanan Indonesia. Dia berjanji akan meningkatkan anggaran pertahanan dan keamanan, serta memperkuat kerja sama dengan negara-negara tetangga untuk menghadapi berbagai ancaman, seperti terorisme, separatisme, dan kejahatan lintas negara.

Sementara itu, Prabowo menegaskan soal pentingnya memperkuat pertahanan dan keamanan Indonesia, serta menjaga stabilitas politik dan ekonomi. Dia berjanji akan meningkatkan profesionalisme dan disiplin TNI, serta memperkuat kerja sama dengan negara-negara lain untuk menjaga perdamaian dan stabilitas.

Tak mau kalah, Ganjar pun berpendapat mengenai pentingnya menjaga hubungan baik dengan negara-negara tetangga, serta meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan. Menurutnya, kebijakan pemerintah saat ini tidak berpihak kepada rakyat. Oleh karena itu, Ganjar berjanji akan meningkatkan kesejahteraan rakyat, serta menjaga kedaulatan dan keamanan Indonesia.

Pada debat ketiga kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjuk Pemimpin Redaksi GTV Ariyo Ardi dan pembawa berita iNews Anisha Dasuki sebagai moderator debat capres-cawapres 2024 ketiga.

"Kemarin kan posisinya empat tema, nah pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri, kemudian hubungan internasional kami ekspan dengan globalisasi, kemudian geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami ekspansi dengan politik luar negeri," kata Komisioner KPU August Mellaz kepada wartawan, Rabu (3/1/2023) malam.

Selain moderator, KPU juga menetapkan sebelas panelis, yakni:

1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)

2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)