Pekan Pertama di 2024, Indonesia Diterjang 24 Bencana

Selasa, 09 Januari 2024 - 11:06 WIB
loading...
Pekan Pertama di 2024, Indonesia Diterjang 24 Bencana
Sejumlah warga nekat melewati banjir di Jalan Kemang Utara IX, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2024). FOTO/MPI/ALDHI CHANDRA
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) melaporkan sebanyak 24 kejadian bencana sudah melanda wilayah Indonesia di pekan pertama tahun 2024. Kejadian bencana mendominasi wilayah Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

"Mungkin khususnya Jawa Barat, Banten, dan DKI ya, kita dapat mengatakan dalam satu minggu ini intensitas curah hujan kita cukup tinggi pascamalam tahun baru dan ini menimbulkan beberapa kali bencana hidrometeorologi basah, di DKI beberapa kali genangan, kemudian ada longsor dan lain-lain," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya dikutip, Selasa (9/1/2024).

Selain itu, Aam, sapaan Abdul Muhari, mengatakan, BNPB mencatat saat ini masih ada lanjutan dari bencana-bencana hidrometeorologi basah yang sudah terjadi pekan sebelumnya, khususnya di Sumatera dan Kalimantan. "(Banjir) belum kering sampai sekarang," katanya.



Secara spasial, kata Aam, BNPB mencatat konsentrasi kejadian bencana di pekan pertama 2024 ada di Jawa. "Tetapi di sini masih kita masukkan sebenarnya ada beberapa kejadian di Sumatera dan Kalimantan yang tidak terjadi di minggu ini. Jadi pelaporannya itu tidak minggu ini tapi sudah dari minggu yang lalu tetapi kejadian itu masih berlangsung hingga saat ini," katanya.

Misalnya di Kerinci yang sudah hampir 3,5 minggu masyarakat terkena banjir. Kemudian beberapa tempat di Riau dan juga di Sumatera Utara yang menyebatbakn 58.000 orang mengungsi.

Sementara itu, Aam melaporkan jika dilihat per pulau konsentrasi 2 minggu terakhir ada di Sumatera bagian tengah khususnya di Sumatera Barat, selatan Sumatera Utara, Riau, dan Jambi.

"Nanti kita lihat beberapa faktor secara regional yang mempengaruhi peningkatan konsentrasi intensitas hujan dalam satu minggu terakhir sehingga memang konsentrasi bencana hidrometeorologi basah khususnya banjir terjadi di Sumatera bagian tengah," katanya.

Baca Juga: 10 Bencana Alam yang Banyak Menelan Korban Jiwa pada 2023

Kemudian, kata Aam, kejadian bencana juga beberapa kali terjadi di Jawa. Khususnya ada beberapa kali kejadian gempa bumi bukan cuma di Sumedang.

"Kita tahu di malam pergantian tahun baru jadi tanggal 1 Januari saya mendampingi Kepala BNPB langsung meninjau lokasi nanti kita kupas sedikit tapi juga berapa tempat lain juga mengalami gempa meskipun magnitudonya kecil tidak signifikan. Selain itu, ada banjir dan juga cuaca ekstrem di Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3085 seconds (0.1#10.140)