Saat Jeda Debat Capres TKN Prabowo-Gibran Hampiri Moderator, Timnas AMIN: Kurang Patut

Senin, 08 Januari 2024 - 12:54 WIB
loading...
Saat Jeda Debat Capres TKN Prabowo-Gibran Hampiri Moderator, Timnas AMIN: Kurang Patut
Timnas AMIN mengkritisi tindakan TKN Prabowo-Gibran yang menghampiri moderator saat jeda iklan Debat Ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1/2024) malam. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Timnas AMIN mengkritisi tindakan Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Grace Natalie dan Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Isyana Bagoes Oka yang menghampiri moderator saat jeda iklan Debat Ketiga Pilpres 2024 , Minggu (7/1/2024) malam.

Juru Bicara Timnas AMIN, La Ode Basir menilai, tindakan Grace dan Isyana sangat tidak patut. Padahal, kata La Ode, para timses paslon bisa mengajukan komplain kepada Liaison Officer (LO) yang telah disediakan oleh penyelenggara debat.

"Ya menurut saya, kurang patut lah, tidak bagus. Kan setiap paslon itu sudah ada LO-nya. Jika ada hal-hal yang tidak berkenan terkait dengan saat penyelenggaraan berlangsung, mestinya setiap paslon atau timnas paslon itu berkomunikasi dengan LO. LO kita lah yang berkomunikasi dengan pihak KPU," terang La Ode saat dihubungi, Senin (8/1/2024).



Atas tindakan dua pengurus TKN Prabowo-Gibran itu, La Ode merasa khawatir. Apalagi, baik Grace dan Isyana terlihat bisik-bisik kepada moderator. Ia mengingatkan bahwa setiap kandidat paslon harus menjaga marwah KPU.

"Kita semua punya komitmen untuk menjaga marwan penyelenggara, dalam hal ini KPU termasuk Bawaslu. Orang melihat kan tidak tahu apa yang diperbincangkan, tidak dengar apa yg diperbincangkan. Kan bisa menimbulkan penilaian kurang baik terhadap penyelenggara. Ini sangat tidak terpuji lah," terang La Ode.

Atas dasar itu, La Ode menyarankan kepada Grace dan Isyana untuk mematuhu aturan teknis debat yang ada. Ia mengingatkan, ada petugas LO yang telah disediakan bila ada hal yang ingin dikomplain.

"Baiknya ya menahan dirilah Grace, apalagi beliau juga mantan wartawan yang punya kedekatan mungkin secara pertemanan dengan saudara moderator. Ini kan bisa menimbulkan penilaian macam-macam dan tidak bagus terhadap marwah KPU jadinya, jadi merusak citra KPU apa yang dilakukan Grace ini," terang La Ode.

Sementara itu, Juru Bicara Timnas AMIN, Eva Sundari menilai, tindakan Grace dan Isyana telah melanggar etika. Pasalnya, moderator memiliki pronsip profesionalitas.

"Itu melanggar etika karena ada prinsip profesionalitas. Owner dari acara debat adalah KPU, moderator adalah bekerja untuk KPU (petugas KPU) sehingga tindakan yang tepat adalah menyatakan keberatan kepada KPU, bukan ke moderator yang menjadi terganggu konsentrasinya," terang Eva.

Sebelumnya, sejumlah TKN Prabowo-Gibran terpantau turut menghampiri moderator dalam Debat Ketiga Pilpres 2024 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024) malam. Momen itu terjadi usai segmen 2.

Adapun pengurus TKN Prabowo-Gibran yang hampiri moderator ialah Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, dan Politikus PSI Isyana Bagoes Oka. Adapun Grace Natalie menjabat sebagai Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran. Sementara Isyana Bagoes Oka menjabat sebagai juru bicara TKN Prabowo-Gibran.

Mereka tampak berlari kecil dari tribun yang telah disediakan ke arah moderator. Setelah itu, mereka tampak berbincang kecil dengan salah satu moderator.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)