Yenny Wahid Ungkap Keistimewaan Mahfud MD di Mata Gus Dur: Tak Pernah Takut

Minggu, 07 Januari 2024 - 07:50 WIB
loading...
Yenny Wahid Ungkap Keistimewaan Mahfud MD di Mata Gus Dur: Tak Pernah Takut
Menko Polhukam Mahfud MD menghadiri acara Haul ke-14 Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (6/1/2024) malam. FOTO/TPN GANJAR-MAHFUD
A A A
JAKARTA - Putri Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur , Yenny Wahid mengungkapkan keistimewaan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD di mata ayahnya. Salah satunya Mahfud memiliki karakter tak pernah takut.

Hal ini disampaikan Yenny dalam acara Haul ke-14 Gus Dur di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (6/1/2024) malam. Awalanya, Yenny mengatakan bahwa Mahfud rajin menghadiri haul Gus Dur.

"Beliau paling rajin (hadir dalam haul Gus Dur) karena memang kadernya Gus Dur sejak dulu. Pak Mahfud ini istimewa sekali. Karena beliau adalah eksperimen politiknya Gus Dur," kata Yenny.



Yenny menceritakan, saat diangkat menjadi Presiden RI, Gus Dur menyadari Mahfud sangat cocok mengisi kabinet di bagian keamanan dan pertahanan negara. Karena itu Gus Dur melantik Mahfud MD sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) pada 2000 yang lalu.

"Jadi Gus Dur tahu bahwa orang Madura itu yang paling ditakuti adalah aparat, yang paling ditakuti salah satunya. Nah, jadi sama Gus Dur sengaja dibalik, Pak Mahfud diangkat jadi bosnya para aparat, menjadi Menteri Pertahanan pada waktu itu ketika Gus Dur jadi presiden," ucapnya.

Di samping itu, Yenny menyebut Gus Dur mempercayakan jabatan Menhan kepada Mahfud juga karena karakternya yang tak pernah gentar dan tak pernah takut. Karakter tersebut, dikatakan Yenny, sangat cocok untuk menghadapi berbagai gangguan keamanan negara. Karenanya pada saat itu Gus Dur semakin yakin dengan Mahfud.



"Menteri Pertahanan itu adalah jabatan yang sangat strategis dan sangat rawan untuk disadap. Tapi, Prof Mahfud tidak pernah takut disadap. Karena beliau kalau ngomong pakai bahasa Madura, yang nyadap juga bingung," jelas Yenny.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)