Mahfud MD: Gus Dur Satu dari Empat Tokoh Dunia yang Wafatnya Ditangisi Jutaan Orang

Minggu, 07 Januari 2024 - 06:32 WIB
loading...
Mahfud MD: Gus Dur Satu dari Empat Tokoh Dunia yang Wafatnya Ditangisi Jutaan Orang
Menko Polhukam Mahfud MD saat menghadiri Haul ke-14 Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (6/1/2024) malam. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE TEBUIRENG OFFICIAL
A A A
JOMBANG - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur merupakan satu dari empat tokoh dunia yang wafatnya ditangisi oleh jutaan orang.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Haul ke-14 Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (6/1/2024) malam. "Gus Dur itu adalah satu dari empat tokoh dunia setelah abad ke-19, malah mungkin sepanjang sejarah pemimpin dunia itu yang ketika wafat ditangisi oleh jutaan orang," kata Mahfud dalam sambutannya.

Tokoh yang pertama, kata Mahfud, adalah pada 30 Januari 1948 ketika Mahatma Gandhi meninggal dunia. Mahfud menyebutkan seluruh warga India berduka atas kepergian Mahatma Gandhi.



"Lalu di tahun 1963 ketika John F Kennedy pada tanggal 22 November mati ditembak. Rakyat Amerika berduka dan berbondong-bondong mengantar kepergiannya, melepas dari pinggir-pinggir jalan di seluruh Amerika," ucap calon wakil presiden (cawapres) yang berpasangan dengan capres Ganjar Pranowo ini.

Tokoh berikutnya, ungkap Mahfud, adalah Ayatollah Sayyid Ruhollah Musavi Khomeini yang diketahui merupakan pemimpin revolusi Iran yang meninggal pda tanggal 3 Juni 1889.

Mahfud juga mengungkapkan bahwa kepergian dari Gus Dur pada tanggal 30 Desember 2009 menyisakan isak tangis seluruh warga Indonesia.

"Sesudah itu muncul dari Indonesia ketika pada tanggal 30 Desember tahun 2009, KH Abdurrahman Wahid yang sudah tidak lagi menduduki jabatan di pemerintahan maupun di politik itu wafat. Seluruh rakyat Indonesia berduka," katanya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)