Charles Honoris: Program 1 Desa 1 Puskesmas 1 Nakes Ganjar-Mahfud Realistis

Kamis, 04 Januari 2024 - 21:50 WIB
loading...
Charles Honoris: Program 1 Desa 1 Puskesmas 1 Nakes Ganjar-Mahfud Realistis
Program 1 Desa, 1 Puskesmas, dan 1 Nakes yang diusung oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dinilai realistis. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Direktur Representatif di Tim Pemenangan Nasional ( TPN ) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Charles Honoris memberikan apresiasi positif terhadap program ‘1 Desa, 1 Puskesmas, dan 1 Nakes' yang diusung oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 itu. Menurut Charles yang juga merupakan Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, program ini tidak hanya realistis, tetapi juga dapat membantu masyarakat menikmati hidup dengan lebih baik.

Dia mengungkapkan bahwa kesehatan memiliki peran krusial dalam memungkinkan warga negara menikmati hidup sepenuhnya sebagai manusia. Maka itu, dia menyoroti kebijakan program '1 Desa, 1 Puskesmas, dan 1 Nakes' yang didorong oleh Ganjar-Mahfud dengan menegaskan bahwa tanpa kesehatan, manfaat dari pendidikan gratis, makan gratis, dan bantuan sosial lainnya menjadi kurang bermakna.

"Apalah artinya pendidikan gratis, makan gratis, bansos gratis, kalau warga negara negara sebagai penerimanya tidak sehat, akibat ketimpangan pelayanan kesehatan yang terjadi di Indonesia saat ini," kata Charles, Kamis (4/1/2024).



Charles kemudian mengingatkan tentang jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 270 juta jiwa. Menurutnya, Indonesia seharusnya memiliki sekitar 270 ribu dokter umum berdasarkan rekomendasi dari WHO, dengan rasio 1 dokter umum untuk setiap 1.000 penduduk.

“Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per Juni 2023, jumlah dokter umum di Indonesia sebanyak 159.977 atau masih kurang 118.000-an dokter umum jika mengacu standar WHO," ujarnya.

Charles juga menyoroti bahwa ketidaksetaraan layanan kesehatan tidak hanya disebabkan oleh kekurangan dokter, tetapi juga minimnya puskesmas sebagai fasilitas kesehatan utama di masyarakat. Saat ini, jumlah puskesmas di seluruh Indonesia hanya mencapai 10.435 unit.

"Ketimpangan ini sudah darurat, tidak bisa ditunda, dan harus segera diselesaikan dengan 'sat-set'. Negara harus hadir di setiap desa dalam wujud 1 puskesmas dan 1 tenaga kesehatan (nakes). Pemerintahan Ganjar-Mahfud akan membangun 49.344 puskesmas kelas C/puskesmas pembantu desa sampai 2029," kata Charles.

Selain itu, Charles menyatakan perlunya percepatan penerapan telemedicine dan layanan konsultasi keliling untuk mencakup wilayah-wilayah yang belum terjangkau oleh fasilitas kesehatan. Dia yakin bahwa program kesehatan Ganjar-Mahfud adalah langkah yang realistis dan tidak dapat ditawar guna memenuhi hak konstitusional warga negara terhadap pelayanan kesehatan, yang pada akhirnya akan meningkatkan derajat hidup masyarakat Indonesia.

"Program Ganjar-Mahfud: 1 Desa 1 Puskesmas 1 Nakes adalah program realistis yang tidak bisa ditawar demi pemenuhan hak konstitusional warga negara atas pelayanan kesehatan, yang pada akhirnya dapat menaikkan derajat hidup manusia Indonesia. Supaya setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali bisa menikmati sepenuhnya kehidupan sebagai manusia," pungkas Charles.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3098 seconds (0.1#10.140)