Ganjar Akan Hapus Kredit Macet Petani Rp600 Miliar

Selasa, 02 Januari 2024 - 17:32 WIB
loading...
Ganjar Akan Hapus Kredit Macet Petani Rp600 Miliar
Capres Ganjar Pranowo meluncurkan Program Pemutihan Utang Petani saat kampanye di Selepan Wilalung, Demak, Jateng, Selasa (2/1/2024). FOTO/MPI/RIYAN RIZKI ROSHALI
A A A
DEMAK - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo meluncurkan Program Pemutihan Utang Petani di Desa Selepan Wilalung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024). Kredit petani yang akan dihapus jika memenangkan Pilpres 2024 sebanyak Rp600 miliar.

"Kami menghitung, kurang lebih kredit macet petani itu sekitar Rp600-an miliar. Maka, kita akan juga hapuskan. Yang utang Kredit Usaha Rakyat (KUR) macet, karena ada persoalan, memang persoalannya karena musibah," kata Ganjar saat peluncuran Program Pemutihan Utang Petani.

Ganjar juga menjelaskan, dirinya juga menerima keluhan sulitnya mengakses pupuk saat berkeliling Indonesia. Hal itu, menurut Ganjar, karena memang dari tahun ke tahun, subsidi pupuk dikurangi, sehingga agennya tidak terpenuhi.



Karena itu, Ganjar berencana memperbaiki tata kelola pupuk, termasuk memperbanyak alokasi subsidi. "Saya kemarin sudah bicara dengan timnya, timnya Ganjar-Mahfud, sudah bicara kalau produksi pertaniannya mau bagus, hasil pertaniannya bagus, biar tidak usah impor, maka ada kewajiban negara untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani," katanya.

Sebelumnya, saat mengunjungi Provinsi Jawa Barat, Ganjar juga menawarkan Program Penghapusan Utang Nelayan, yang nilainya sebesar Rp186 miliar. Namun penghapusan utang bukan tanpa syarat sebab harus dicek secara selektif penyebab mengalami kredit macet.

"Tentu saja, kami juga akan melakukan pengecekan. Mana yang memang karena situasi yang sulit, mana yang karena itikadnya buruk. Itu cara kita membantu petani. Kami sedang mengkaji itu baik-baik agar seperti yang terjadi pada nelayan, kemudian petaninya ini merasa kesulitan, kami mau hapuskan itu," katanya.



Langkah-langkah konkret yang akan ditempuh merupakan bentuk kepedulian Ganjar-Mahfud untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Pada kesempatan itu, Ganjar secara khusus berdiskusi dengan para sejumlah petani dengan menanyakan perihal utang KUR. Para petani yang hadir mengaku kesulitan membayar kredit karena terkendala gagal panen dan dampak negatif pandemi Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)