Ganjar-Mahfud Dorong Percepatan BTS 4G Penuhi Kebutuhan Internet Cepat

Senin, 01 Januari 2024 - 21:16 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Dorong Percepatan BTS 4G Penuhi Kebutuhan Internet Cepat
Capres Ganjar Pranowo meluncurkan Program Gratisin yakni internet gratis, super cepat, dan merata, bagi pelajar Indonesia saat berkampanye di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/1/2024). FOTO/TPN GANJAR-MAHFUD
A A A
JAKARTA - Bagi anak-anak muda atau yang disebut Generasi Z, ketersediaan layanan internet super cepat gratis di ruang publik merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda. Sebab nyaris tidak ada aktivitas keseharian mereka yang tidak berhubungan dengan internet.

Karena itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendorong pemerintah mempercepat pengadaan Base Transceiver Station (BTS) 4G BAKTI Kominfo untuk memenuhi kebutuhan layanan internet di seluruh Tanah Air, khususnya di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).Ganjar-Mahfud mengagas Program Gratisin untuk internet gratis, super cepat, dan merata bagi pelajar.

"Dan mereka membutuhkan itu, karena setelah pandemi ada banyak tugas yang mesti diselesaikan dengan menggunakan fasilitas digital, makanya inilah yang mendorong kita untuk membikin internet gratis," kata Ganjar saat launching Program Gratisin di Borsumy Heritage, Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/1/2024).



Menurut Ganjar-Mahfud, kehadiran intenet gratis dan super cepat di sekolah diyakini dapat membantu para siswa dalam mengakses bahan ajar dari berbagai sumber secara daring.

Internet gratis juga bermanfaat bagi para pelaku usaha kecil dalam memasarkan hasil produksi mereka secara online. Hal itu hanya mungkin jika pemerintah bisa menghadirkan internet yang bisa di akses masyarakat secara gratis di ruang publik.

Internet gratis juga berperan penting dalam memperlancar layanan kesehatan. Pasien bisa berkonsultasi dengan dokter tentang kesehantannya tanpa harus antri di rumah sakit.

Saat ini, pemerintah berkomitmen menuntaskan program pengadaan BTS 4G BAKTI Kominfo untuk pemenuhan hak rakyat dalam memperoleh akses infrastruktur digital.



"Negara hadir dalam konteks menyediakan infrastruktur digital yang baik dan layak bagi masyarakat untuk bisa memperoleh akses konektivitas digital," kata Menkominfo Budi Arie dikutip dari laman kominfo.go.id.

Menurut Budi Arie, pemerintah berkomitmen menuntaskan Program Penyediaan BTS 4G BAKTI Kominfo untuk memenuhi hak rakyat memperoleh konektivitas atau jaringan digital.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)