Pentingnya Membentuk Karakter Sejak Dini untuk Bentuk SDM Mandiri

Sabtu, 30 Desember 2023 - 15:13 WIB
loading...
Pentingnya Membentuk Karakter Sejak Dini untuk Bentuk SDM Mandiri
Amin Khaerudin, atau yang akrab disapa Amkha yang membimbing anak-anak di sekitarnya menuju masa depan yang lebih baik. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pembentukan karakter sejak dini dinilai penting untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang mandiri dan tangguh. Pandangan ini diwujudkan oleh Amin Khaerudin, atau yang akrab disapa Amkha yang membimbing anak-anak di sekitarnya menuju masa depan yang lebih baik.

Amkha sadar bahwa suatu negara tidak akan bisa maju jika sumber daya manusianya tidak memiliki kualitas yang baik. Banyak pelajar Indonesia yang tidak bisa melanjutkan sekolah karena himpitan ekonomi atau bahkan fasilitas yang tidak mendukung.

"Saya ingin membuktikan pada dunia bahwa setiap orang memiliki hak yang sama dalam pendidikan," ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (30/12/2023).

Sebagai anak korban perceraian, Amkha tak hanya berbicara saja, dia juga bergerak secara nyata. Pada tahun 2019, ia memprakarsai pendirian SMK Yasfika Kalirejo, sebuah sekolah swasta yang bertujuan memberikan pendidikan terjangkau melalui berbagai program beasiswa. Tekadnya dalam memajukan dunia pendidikan terus bergejolak, mencari-cari ruang kesempatan untuk berkembang.

Ia juga menjelaskan visinya mendirikan lembaga pendidikan tersebut. "Untuk anak-anak yatim piatu gratis baik biaya dan seragam sekolah," ujar Amkha.

Namun, perjuangan tentunya tidak berhenti di pendirian sekolah saja. Ia aktif sebagai pengajar dan pembina organisasi kepemimpinan, kepanduan, bela Negara, dan relawan literasi Lampung.

Dengan slogan advokasi 'be yourself,' ia mendirikan berbagai bidang pendidikan lainnya, seperti Rumah Baca Sahabatku (2020), Pasukan Siger Emas (2014), dan Arjusaka (2021). Selain itu, Amka juga menciptakan platform pengembangan diri seperti kelas public speaking, modeling, dan sanggar tari sejak tahun 2019.

Atas dedikasinya dan keberhasilan Amkha dalam membentuk kader-kader generasi muda dalam dunia pendidikan itu, diapresiasi oleh Pemerintah dalam kategori penghargaan juara 1 pemuda pelopor 2023 bidang pendidikan. Hal ini tentunya tak lepas dari dukungan serta apresiasi Kemenpora kepada Amkha.

"Kemenpora telah menjadi pendorong bagi saya untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif dalam masyarakat, melewati banyak halang rintang dengan semangat juang tinggi untuk kemajuan pendidikan," jelas Amkha.

Kemenpora sebagai pemeran utama penggerak potensi pemuda, telah menjadi wadah bagi berbagai inovasi. Amkha contohnya, sekarang menjadi role model bagi masyarakat karena aktif terlibat membangun pendidikan Indonesia.

Dengan demikian, pemuda tidak hanya menjadi penerima manfaat, tetapi juga berperan aktif dalam
menciptakan perubahan. Dalam sinergi yang menginspirasi antara Kementerian Pemuda dan Olahraga
(Kemenpora) dengan pemuda Indonesia seperti Amkha, tercipta lingkungan sekitar yang penuh semangat dan inovasi.

Lebih dari 50 kader aktif di sekolah yang ia kelola dan luar Lampung ikut bergerak mengemban misi penting pendidikan, Amkha membuktikan bahwa perubahan positif dalam pendidikan bermula dari semangat dan aksi nyata pemuda.

Saat ini, SMK Yasfika dan Amkha telah menjadi pionir inspiratif dalam mencetak kader-kader generasi muda yang siap menghadapi masa depan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)