Menpan RB Ungkap Hingga Juli Pemangkasan Eselon Capai 68%

Senin, 10 Agustus 2020 - 16:08 WIB
loading...
Menpan RB Ungkap Hingga Juli Pemangkasan Eselon Capai 68%
Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo menyebut proses pemangkasan eselon terus berjalan. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) , Tjahjo Kumolo menyebut proses pemangkasan eselon terus berjalan. Bahkan hingga akhir Juli lalu proses pemangkasan sudah mencapai lebih dari 50%.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar hanya ada dua level jabatan struktural yakni Eselon I dan II. Sementara sisanya yakni Eselon III, IV dan V dialihkan ke jabatan fungsional. (Baca juga: Selain Biaya Sekolah, Tjahjo Harap Gaji ke-13 Bisa Dongkrak Angka Belanja Masyarakat)

“Alhamdulillah sampai akhir Juli ini sudah hampir 68% menyederhanakan birokrasi menjadi dua level. Peralihan jabatan struktural menjadi fungsional,” ujarnya dalam Webminar Netralitas ASN, Senin (10/8/2020).

Dia mengatakan bahwa Desember tahun ini pemangkasan eselon dapat dituntaskan. Sehingga selanjutnya akan dilakukan penataan-penataan lainnya.

“Target kami Desember selesai. Sehingga tahap berikutnya akan kita susun sebuah perencanaan untuk rekrutmen ASN yang baik. Lalu juga ada new normal kita persiapkan dengan baik, sistem merit, kesejahteraan pegawai," tuturnya. (Baca juga: Fahri Hamzah-Fadli Zon Akan Dapat Bintang Tanda Jasa dari Presiden Jokowi)

Dengan adanya pemangkasan eselon ini, setidaknya terdapat 400 ribu pegawai negeri sipil (PNS) yang bakal terdampak. Pasalnya jumlah total pejabat struktural Eselon I, II, III, IV dan V sebanyak 460 ribu. Sementara 400 di antaranya adalah Eselon III, IV dan V.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)