Pilpres 2024 Berlangsung Dua Putaran, Begini Analisisnya

Jum'at, 29 Desember 2023 - 00:34 WIB
loading...
Pilpres 2024 Berlangsung Dua Putaran, Begini Analisisnya
Capres-Cawapres 2024. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, menyebut Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran.Eva Sundari dari Timnas Amin juga menyebut hal yang sama.

"Yang saya sampaikan, jika tidak ada hal-hal yang sifatnya signifikan berubah hampir 50 hari ke depan tampaknya pilpres kali ini akan berlangsung dua putaran," kata Andi, dikutip dari tayangan Sindo Prime, Kamis (28/12/2023).

Andi melanjutkan, narasi pilpres satu putaran yang banyak digaungkan oleh salah satu paslon merupakan propaganda dari hasil data survei yang objektif.



"Tampaknya kemudian itu lebih menjadi propaganda daripada hasil bacaan data yang objektif. Apalagi, belum di titik 50 persen, masih ada tiga debat lagi di depan, masih ada kampanye terbuka zonasi," kata Andi.

Mantan Gubernur Lemhannas itu juga mengungkapkan masih banyak yang akan terjadi selama proses kampanye belum selesai.
"Dari KPU kampanye terbuka zonasi masih belum ditentukan dari tanggal 21 Januari sampai 10 Februari. Jadi masih banyak hal yang akan berubah dalam 50 hari ke depan," pungkas Andi.

Di forum yang sama, Juru Bicara Timnas Amin, Eva Sundari, menilai narasi pilpres satu putaran tidak berdasar. Hal itu sesuai dengan data dan riset yang telah dilakukan oleh berbagai pihak bahwa Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran.

"Kita sepakat di titik itu ya (dua putaran) bahwa semua tampaknya stabil, tetapi komposisinya yang berbeda. Riset-riset juga baru keluar terutama meneliti pascadebat," kata Eva.

"Kami gembira, karena teman-teman PKS juga sedang finalisasi riset terakhir, hasilnya sama bahwa tidak mungkin satu putaran," tambah Eva.



Eva menambahkan, paslon nomor urut 1 mengalami kenaikan elektabilitas setekah debat yang pertama, sehingga Anies-Muhaimin ada di posisi kedua. Dengan demikian, Eva percaya bahwa Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran.

"Tentu untuk data internal dan data eksternal yang tampaknya linear ini, menunjukkan bahwa objektivitas dari survei internal kami maupun eksternal, tampaknya tidak bertentangan. Jadi ini kabar gembira bagi kami, dan menambah semangat untuk ngegas terus," ujar Eva.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)