Gunakan Akronim AMIN, Paslon Anies-Cak Imin Dilaporkan ke Bawaslu

Rabu, 27 Desember 2023 - 17:02 WIB
loading...
Gunakan Akronim AMIN, Paslon Anies-Cak Imin Dilaporkan ke Bawaslu
LIDEMA Indonesia melaporkan capres nomor urut 1 Anies Baswedan ke Bawaslu karena menggunakan akronim AMIN. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Liga Demokrasi Mahasiswa Indonesia (LIDEMA) Indonesia melaporkan capres nomor urut 1 Anies Baswedan ke Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) RI.

Mereka menilai akronim Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) untuk mencari simpati dan suara di kalangan umat beragama.

Koordinator LIDEMA Indonesia Dwi Ramdhani S mengatakan ada kesan religiusitas yang ingin dimunculkan oleh Anies. Seakan, kata dia, paslon ini lebih memiliki moral agama yang lebih tinggi daripada dua paslon lainnya.



“Berdasarkan hal tersebut, kami melaporkan hal ini kepada Bawaslu RI. Kami menuntut agar hal ini diproses sesuai dengan aturan yang ada. Jika benar melanggar maka paslon ini harus didiskualifikasi dari kontestasi pilpres yang berlangsung,” jelasnya, Rabu,(27/12/2023).

Dwi mengatakan, gara-gara penggunaan akronim AMIN ini, muncul potensi konflik sosial di masyarakat. Terbukti, ada anggota masyarakat dan para ustaz yang saling sindir pakai kata ini. “Akibatnya, muncul sikap saling curiga yang berujung pada saling lapor. Ini tidak baik bagi semua,” tegas dia.



Dwi menegaskan, pihaknya ingin pemilu dilaksanakan secara jurdil, luber, tertib, tenteram, dan bermartabat. Untuk itu, Dwi berharap, Bawaslu sebagai lembaga pengawas harus tegas untuk menindak yang melanggar.

“Tidak boleh ada satu pelanggaran pun yang ditoleransi. Kualitas demokrasi Indonesia sangat ditentukan oleh kualitas pengawasan yang dilakukan Bawaslu RI,” papar dia.

Dwi memandang, pemberian nama akronim 'AMIN' itu tentu bertujuan untuk mencari simpati dan suara di kalangan umat beragama dan mendapat simpati pemilih lewat jalur ajaran agama.

Akronim AMIN, kata dia, adalah kata suci dalam banyak agama. Setiap orang berdoa, dianjurkan untuk diaminkan. “Dan itu adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari. Bahkan dalam agama Islam, kata itu selalu dibaca dalam salat. Ibadah salat merupakan sarana komunikasi antara manusia dan Allah. Setiap membaca Al-Fatihah selalu diakhiri dengan membaca Amin,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)