Ganjar-Mahfud Bakal Buka Akses Pendidikan Berkualitas untuk Kelompok Disabilitas

Selasa, 26 Desember 2023 - 17:35 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Bakal Buka Akses Pendidikan Berkualitas untuk Kelompok Disabilitas
Capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyapa masyarakat disabilitas dengan menggunakan bahasa isyarat yang memiliki arti sat set, tas tes sebelum debat Pilpres 2024, Jumat (22/12/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan buka akses luas bagi penyandang disabilitas agar bisa mendapatkan pendidikan berkualitas. Tak hanya di bidang pendidikan, akses ke lingkungan kerja juga akan diperluas.

"Ganjar-Mahfud juga akan memberikan insentif agar lembaga pemerintah dan sektor swasta membuka diri mempekerjakan kelompok disabilitas," tulis Tim Pemenangan Nasional (YPN) Ganjar-Mahfud dalam keterangan tertulis, Selasa (26/12/2023).

Jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden, Ganjar-Mahfud akan meningkatkan jumlah dan kualitas Sekolah Luar Biasa (SLB), sekolah inklusif, dan memberikan beasiswa untuk masyarakat disabilitas.



Ganjar-Mahfud berkomitmen akan memberikan fasilitas kesehatan yang memadai seperti terapi gratis di seluruh puskesmas, dan 1 desa 1 mobil akses penyandang disabilitas.

Kedekatan Ganjar-Mahfud dengan kelompok penyandang disabilitas diperlihatkan dengan mengundang mereka nonton bareng (nobar) debat Pilpres 2024 di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud 2024 pada Jumat (22/12/2023). Mereka asyik menyimak seorang penerjemah bahasa isyarat yang berdiri di depan mereka untuk menjelaskan topik pembicaraan yang tengah berlangsung.

Saat acara dimulai, Ganjar dan Mahfud menyapa masyarakat disabilitas dengan menggunakan bahasa isyarat yang memiliki arti 'sat set, tas tes'.

Keberpihakan terhadap penyandang disabilitas juga dibuktikan Ganjar saat memimpin Provinsi Jawa Tengah. Pada 2022, Jateng menjadi Juara 1 tingkat nasional Pembina Pemenuhan Hak Disabilitas di Dunia Kerja Inklusi dari Kementerian Ketenagakerjaan. Memberdayakan dan meningkatkan keterampilan warga disabilitas mulai dari kemudahan akses pendidikan dan inklusivitas industri yang memungkinkan warga disabilitas bisa memperoleh pekerjaan.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2526 seconds (0.1#10.140)