Lonjakan Pergerakan Masyarakat di Hari Puncak Libur Natal Masih Terkendali

Senin, 25 Desember 2023 - 22:06 WIB
loading...
Lonjakan Pergerakan Masyarakat di Hari Puncak Libur Natal Masih Terkendali
Menhub Budi Karya Sumadi menyebut lonjakan pergerakan masyarakat di masa libur Natal dan Tahun Baru, masih terkendali. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan lonjakan pergerakan masyarakat yang terjadi di masa libur Natal dan Tahun Baru, hingga saat ini masih terkendali.

Hal ini disampaikan Menhub usai memantau Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Senin (25/12/2023).

Dari pantauan, di hari puncak pertama yang diprediksi terjadi pada 22 dan 23 Desember 2023 kemarin, terjadi lonjakan pergerakan di beberapa titik, khususnya di tempat wisata. “Di hari puncak kemarin, di beberapa tempat objek wisata terjadi lonjakan. Seperti di antaranya, Puncak, Dieng, dan tempat lainnya," ujar Menhub.

Menhub menambahkan titik-titik yang selama ini diantisipasi akan mengalami kemacetan yang tinggi yaitu di Merak, Ketapang, Cipali, dan Soetta, situasinya terjadi lonjakan namun tetap lancar dan terkendali.



“Ada satu titik yang agak krusial dan padat sekali yaitu di Cikupa menuju ke Tangerang. Kami telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan operator jalan tol untuk melakukan rekayasa lalu lintas, apakah contraflow maupun cara bertindak lainnya," ucap Menhub.



Menhub menyebut hingga saat ini tercatat tingkat kecelakaan turun 39% dibandingkan Nataru tahun lalu. “Oleh karenanya saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sangat kooperatif untuk menindaklanjuti imbauan aspek keselamatan ini. Saya juga berterima kasih kepada semua operator yang menjaga pergerakan ini dengan baik,” katanya.

Berdasarkan data dari Posko Pusat Nataru jumlah penumpang pada 22 Desember adalah 948.940 dan 23 Desember 2023 sebanyak 982.136 orang sehingga kedua hari tersebut menjadi puncak libur Natal.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)