Partai Perindo: Ganjar-Mahfud Prioritaskan Program Kesejahteraan Perempuan dan Anak

Senin, 25 Desember 2023 - 16:51 WIB
loading...
Partai Perindo: Ganjar-Mahfud Prioritaskan Program Kesejahteraan Perempuan dan Anak
Juru Bicara Partai Perindo Ike Julies Tiati atau Ike Suharjo mengungkapkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal memprioritaskan isu perempuan dalam program kerjanya. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Partai Perindo Ike Julies Tiati atau Ike Suharjo mengungkapkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo -Mahfud MD bakal memprioritaskan isu perempuan dalam program kerjanya.

Hal tersebut telah terbukti dari rekam jejak Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode. "Selama menjadi Gubernur Jawa Tengah, Mas Ganjar Pranowo telah terbukti sangat peduli terhadap isu-isu perempuan," kata Ike, Senin (25/12/2023).

Ike menuturkan Ganjar dinilai telah berhasil menurunkan angka stunting, Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Balita (AKBa). Selain itu, Ike yang juga merupakan Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) ini menuturkan untuk meningkatkan perekonomian, Ganjar Pranowo meluncurkan Kredit Lapak.



Kredit Lapak ini merupakan kredit murah yang ditujukan untuk emak-emak pedagang pasar dan industri rumahan. "Melalui Program Kredit Lapak, Ganjar ingin mendorong kebangkitan ekonomi bagi emak-emak. Karena, jika perempuan atau emak-emak mandiri secara ekonomi maka keluarga mereka akan semakin sejahtera," jelasnya.

Karena itu, dalam program kerjanya nanti, pasangan Ganjar-Mahfud juga telah menjadikan isu-isu perempuan sebagai program prioritas. Pertama ada program Ibu Sehat, Anak Sehat.



Program ini menjadi salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting serta menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia. Karena, beberapa wilayah di Indonesia Timur itu angka stunting masih sangat tinggi.

"Sehingga melalui program ini, negara memberikan dukungan gizi dan akses layanan kesehatan selama masa kehamilan dan menyusui atau 1.000 hari pertama," kata Caleg DPR RI Dapil Sumatera Selatan II ini.

Selanjutnya, ada Program Kartini Maju yang memberikan akses di seluruh bidang kepada perempuan. Ike mengatakan, program ini juga akan menambah cuti melahirkan bagi ayah dan ibu dengan upah dan tunjangan tetap 100%.

Selanjutnya terdapat program memperbanyak tempat penitipan anak. Pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk memperbanyak tempat penitipan anak yang berkualitas baik di sektor formal maupun sektor non formal. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir terhadap anaknya.

"Karena, dalam beberapa tahun terakhir, banyak anak-anak mendapatkan penganiayaan dari suster atau pembantu. Oleh karena itu, dengan adanya tempat penitipan anak yang berkualitas akan mengurangi kasus kekerasan terhadap anak," jelasnya.

Banyak program terkait perempuan dan anak membuktikan jika pasangan Ganjar-Mahfud sangat peduli akan kesejahteraan dan kemandirian perempuan. Ganjar-Mahfud hadir untuk kesejahteraan dan kemajuan perempuan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2727 seconds (0.1#10.140)