Cak Imin: Tenaga Asing Jika Tak Bawa Modal dan Skill, Tolak Saja

Sabtu, 24 Februari 2018 - 23:08 WIB
Cak Imin: Tenaga Asing Jika Tak Bawa Modal dan Skill, Tolak Saja
Cak Imin: Tenaga Asing Jika Tak Bawa Modal dan Skill, Tolak Saja
A A A
PEKANBARU - Seekor kodok menatap cermin. Sedih mukanya yang buruk rupa. Nama saya memang Cak Imin. Datang ke Riau karena cinta. Pantun itu membuka acara Kuliah Umum di Universitas Riau di Gedung Pasca Sarjana UNRI di Pekanbaru, Sabtu (24/2/2018), dimana Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tampil sebagai pembicara tunggal.

Dibuka oleh rektor UNRI Prof DR Aras Mulyadi dan jajaran dekan, acara tersebut dihadiri sekitar 500 mahasiswa UNRI. Dalam kuliah umumnya yang berjudul "Ketenagakerjaan dan Nilai Wawasan Kebangsaan", Cak Imin menyatakan perlunya kerja keras menghadapi neo kolonialisme (baru), yang mewujud dalam bentuk aktivitas ekonomi yang masif dari negara lain di Indonesia.

"Indonesia jangan hanya jadi pasar. Lapangan kerja kita juga bisa terambil tenaga asing (TKA) jika kita tidak menginovasi diri dan SDM," ujarnya.

Soal TKA, menurut Cak Imin ada dua syarat penting sebagai filter. Pertama, apakah mereka membawa uang? Kedua, apakah mereka ahli?
"Kalau nggak bawa modal dan skill, pasti ditolak. Ngapain? Warga kita juga masih banyak yang menganggur. Pengangguran di tingkat sarjana saja 11,33%," tegas Cak Imin.

"Yang meresahkan itu kan yang ilegal: sudah enggak bawa uang, enggak punya keahlian pula. Nah, itu tugas gotong royong aparat imigrasi, polisi dan warga. Ayo laporkan," sambungnya.

Tapi di sisi lain, tambah dia, kualitas tenaga kerja kita harus ditingkatkan. Dirinya merasa sedih membaca data PISA yang menunjukkan tingkat kemampuan membaca, sains dan matematika anak-anak Indonesia berada di bawah Singapura, Vietnam, Thailand dan Malaysia.

"Bahkan jauh berada di bawah standar OECD (organisasi kerja sama ekonomi dan pembangunan). Ini problem yang harus kita solusikan segera," tutup mantan Menakertrans itu.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6146 seconds (0.1#10.140)