Ganjar Cerita Pernah Tersesat di Jalan yang Benar, Ini Maksudnya

Sabtu, 23 Desember 2023 - 18:07 WIB
loading...
Ganjar Cerita Pernah Tersesat di Jalan yang Benar, Ini Maksudnya
Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku pernah tersesat di jalan yang benar. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku pernah tersesat di jalan yang benar. Hal itu diungkap Ganjar saat berdiskusi bersama ribuan nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam, hingga pengolah ikan di tempat pelelangan ikan (TPI) Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023).

Ganjar menjelaskan, kala itu ia yang merupakan anak gunung justru bertugas di Komisi IV DPR RI yang memiliki ruang lingkup di bidang pertanian, pangan, maritim, dan kehutanan. "Saya anak gunung, saya tidak terlalu tahu soal nelayan. Saya pernah tersesat di jalan yang benar. Karena waktu jadi anggota DPR di Komisi IV," kata Ganjar.

Namun berkat ketersesatan itu, kata Ganjar, dirinya menjadi lebih paham soal kesulitan para petani dan nelayan di Indonesia, termasuk soal permodalan dan perizinan.



"Di situlah saya sedikit mengerti, diajari dan kemudian bisa merasakan apa yang menjadi problem nelayan. Kalau yang one day fishing problemnya lebih complicated, modal melaut enggak ada akhirnya datang rentenir hingga tengkulak," ucapnya.

Untuk itu, Ganjar bersama Mahfud MD berkomitmen untuk menyejahterakan nelayan dengan optimalisasi maritim. Ganjar berjanji akan memperbaiki masalah permodalan hingga BBM yang kerap dikeluhkan nelayan.

"Tapi belum optimal, kita pengen optimalkan itu dengan cita-cita maritim kita. Maka hal-hal teknis yang perlu dibereskan itu satu permodalan, BBM, alat tangkap, tempat lelang dan pelabuhan yang bagus, dan terakhir izin," katanya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)