Diajak Nobar Debat Cawapres, Ini Deretan Program Ganjar-Mahfud bagi Penyandang Disabilitas

Sabtu, 23 Desember 2023 - 17:43 WIB
loading...
Diajak Nobar Debat Cawapres, Ini Deretan Program Ganjar-Mahfud bagi Penyandang Disabilitas
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD merangkul kalangan disabilitas dalam debat Pilpres 2024, Jumat (22/12/2023) malam. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD merangkul kalangan disabilitas dalam debat Pilpres 2024, Jumat (22/12/2023) malam. Puluhan penyandang disabilitas tampak memenuhi Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud 2024.

Penyandang disabilitas rungu dan wicara yang mendominasi kelompok tersebut. Mereka asyik menyimak seorang penerjemah bahasa isyarat yang berdiri di depan mereka untuk menjelaskan topik pembicaraan yang tengah berlangsung.

Pada sapaan awal, Ganjar dan Mahfud bergantian menggunakan bahasa isyarat, yang artinya “sat set” dan “tas tes.” Penyandang disabilitas menjadi kelompok masyarakat yang diperhatikan Ganjar-Mahfud. Saat ini, terdapat sekitar 23 juta warga disabilitas di Indonesia (8,5% dari total populasi).





Dari jumlah itu, hanya 5,48% yang memiliki akses terhadap pendidikan dan 0,5% yang bisa bekerja. Padahal potensi warga disabilitas sesungguhnya besar, tapi belum tergali.

"Jika terpilih, Ganjar-Mahfud akan membuka akses yang luas bagi warga disabilitas untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. Mereka akan pula memberikan insentif agar lembaga pemerintah dan sektor swasta membuka diri mempekerjakan kelompok disabilitas," tulis Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/12/2023).

Ketika dipimpin Ganjar, pada 2022 Jawa Tengah menjadi Juara 1 tingkat nasional Pembina Pemenuhan Hak Disabilitas di Dunia Kerja Inklusi dari Kementerian Ketenagakerjaan. Memberdayakan dan meningkatkan keterampilan warga disabilitas mulai dari kemudahan akses pendidikan dan inklusivitas industri yang memungkinkan warga disabilitas bisa memperoleh pekerjaan.

Ganjar-Mahfud telah merancang program demi meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas. Dari segi pendidikan, Ganjar-Mahfud akan meningkatkan jumlah dan kualitas SLB, meningkatkan sekolah inklusif, dan beasiswa bagi penyandang disabilitas.

Dari sisi pekerjaan, Ganjar-Mahfud bakal meningkatkan akses penyandang disabilitas pada pekerjaan. Industri inklusif ramah disabilitas akan didorong dan insentif bakal diberikan pada perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas.

Akses kesetaraan sosial bagi penyandang disabilitas pun akan diberikan. Ganjar-Mahfud akan mencanangkan terapi gratis bagi penyandang disabilitas, penyediaan terapis disabilitas di seluruh Puskesmas, dan 1 Desa 1 mobil akses penyandang disabilitas.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2807 seconds (0.1#10.140)