Dukung Ganjar-Mahfud, Keluarga Maruf Amin Perlu Turun ke Banten

Jum'at, 22 Desember 2023 - 22:15 WIB
loading...
Dukung Ganjar-Mahfud, Keluarga Maruf Amin Perlu Turun ke Banten
Dukungan elektoral dari keluarga Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin baru akan terasa jika mereka mau turun ke basis pemilih di Banten. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan, dukungan elektoral dari keluarga Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin baru akan terasa jika mereka mau turun ke basis pemilih mereka di Banten.

“Azizah dan Maruf Amin sekurangnya memiliki basis suara di Banten meskipun tidak signifikan, kecuali jika Maruf Amin secara langsung turun tangan melakukan kampanye, bisa saja dia punya daya tawar utamanya di kalangan pesantren Banten,” ujar Dedi, Jumat (22/12/2023).

Sebelumnya, Nur Azizah, putri Wapres Maruf Amin yang menyampaikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo-Mahfud MD karena pasangan calon nomor urut 3 itu memiliki kapasitas dan integritas yang lengkap.



Azizah mengaku bangga bisa hadir pada kesempatan itu dan memberikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud.

Namun, Dedi melihat KH Maruf Amin sebagai wapres belum cawe-cawe ke pasangan manapun. “Hadirnya Azizah di kubu Ganjar bisa saja menandai sokongan Maruf Amin terlebih Wapres sesekali bicara soal kriteria capres yang tidak mengandalkan gimmick politik,” katanya.

Di luar dukungan itu, Azizah adalah kader Partai Demokrat yang semestinya menyokong pasangan Prabowo-Gibran. Namun nyatanya dia memberikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud dan hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana soliditas di Koalisi Indonesia Maju pengusung Prabowo-Gibran.

“Perpindahan sokongan ini bisa saja menandai jika Prabowo-Gibran tidak mampu menjaga soliditas juga Demokrat yang terkesan setengah hati,” ujar Dedi.

Menurut dia, sikap Partai Demokrat cukup jelas pilihan oportunisnya. Capres Prabowo menyadari hal itu, namun dia melihat sosok Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai senior yang dihormati.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai dukungan putri Wapres akan memberikan suntikan moral bagi pasangan nomor urut 3.

"Tentu bergabungnya tokoh seperti Siti Nur Azizah akan memberikan suntikan moral politik bagi paslon nomor urut 3 menghadapi Pilpres 2024," katanya.

Menurut dia, bagaimana pun juga Azizah merupakan tokoh perempuan yang juga sebagai putri wakil presiden yang saat ini masih menjabat.

Maka itu, Azizah juga dipastikan akan merapatkan barisannya untuk paslon yang didukungnya di Pilpres 2024. "Di samping itu tentu Azizah akan mengonsolidasi kekuatan mesin politiknya untuk dukung Ganjar-Mahfud minimal di Banten," ujar Adi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2789 seconds (0.1#10.140)