Debat Cawapres, Mahfud MD Singgung Korupsi Terjadi 3 Matra Alam

Jum'at, 22 Desember 2023 - 19:56 WIB
loading...
Debat Cawapres, Mahfud MD Singgung Korupsi Terjadi 3 Matra Alam
Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3 Mahfud MD menyinggung masalah korupsi yang masih merajalela di tiga matra alam yakni di tanah, laut, dan juga udara. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3 Mahfud MD menyinggung masalah korupsi yang masih merajalela di tiga matra alam yakni di tanah, laut, dan juga udara. Inilah yang membuat kemiskinan masih ada di Indonesia.

“Korupsi juga terjadi di tiga matra alam kita ini, kita menginjak bumi ada korupsi di tanah dan pertambangan. Kita ke laut ada korupsi di masalah kelautan, kita melihat udara pesawat terbang kita ternyata di udara juga banyak korupsi. Akibatnya apa? Rakyat miskin,” ujar Mahfud saat debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).



Sebelumnya, Mahfud MD memaparkan jika ekonomi Indonesia sebenarnya bisa tumbuh hingga 7% di dalam 1 tahun. Namun, Mahfud mengatakan di dalam sejarah Reformasi tidak pernah sampai tumbuh sebanyak 7%. Dulu hanya itu tercapai pada tahun 1989 sampai 1991 di era Orde Baru.

“Lalu pertanyaan itu saya sampaikan kepada beberapa orang ahli, lalu mereka mengatakan hanya karena kebodohan kita, kita ini tidak bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi menjadi 7% karena kita ini kaya raya dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang hebat,” jelas Mahfud.

Masalahnya apa? Tanya Mahfud. “Masalahnya banyak korupsi dan inefisiensi di sektor-sektor pertumbuhan ekonomi yaitu di sektor konsumsi belanja pemerintah ekspor impor dan investasi,” pungkasnya.

Pada debat kedua khusus untuk cawapres kali ini, Mahfud MD didampingi Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo yang terlihat mengenakan pakaian suku adat Rote Nusa Tenggara Timur (NTT). Sedangkan, Cawapres Mahfud MD mengenakan pakaian adat Madura.



Adapun total durasi debat selama 150 menit, di dalamnya full debat yang ditayangkan itu 120 menit, dan kemudian 30 menit untuk jeda iklan. Pelaksanaan debat kedua ini juga masih sama seperti debat pertama, yakni meliputi 6 segmen.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)