Kiai Cholil Nafis Sentil Zulkifli Hasan: Candaannya Kering, Tak Lucu

Rabu, 20 Desember 2023 - 20:28 WIB
loading...
Kiai Cholil Nafis Sentil Zulkifli Hasan: Candaannya Kering, Tak Lucu
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis mengkritik candaan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) tentang salat. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Protes terhadap candaan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ( Zulhas ) tentang salat terus bergulir. Kali ini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis yang angkat bicara.

Menurutnya, apa yang dilakukan Zulhas tidak lucu. Karena, apa yang dilakukan Zulhas dianggap melecehkan agama Islam. Bahkan, katanya, Zulhas membawa-bawa agama untuk memilih pasangan calon (paslon) tertentu.

"Candaannya kering tak lucu. Mungkin bagi sebagai orang merasa agamanya dilecehkan atau bahkan ada yang menuntut minta maaf dan melaporkan. Tak pas disampaikan Anda ituuuhhh. Kini orang pada sadar dengan politik rasional tapi Anda bawa-bawa agama dalam candaan untuk memilih paslon tertentu," kata Kiai Cholil Nafis dikutip dari akun Instagramnya, Rabu (20/12/2023).





Dia pun meminta Zulhas agar memilih humor yang tidak menyeret agama tertentu. "Pak @zul.hasan cari candaan dan humor yang lucu aja daahh. Jangan nyerempet-nyerempet agama gitu ya," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno menjelaskan, pernyataan Zulhas didasari temuan di masyarakat. Salah satu contohnya adalah ketika bacaan sholat diasosiasikan pada pasangan tertentu.

Eddy mengklaim, pernyataan Zulhas juga serupa dengan ceramah ulama seperti Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad.

"Misalnya ketika ada yang melafadzkan Amiin nanti justru dirujuk atau diasosiasikan dengan salah satu capres. Karena itu akhirnya memilih untuk melafadzkan amiin dalam hati. Rupanya gejala unik ini juga pernah diceritakan oleh dua ulama kondang seperti Ust. Adi Hidayat dan Ust. Abdul Somad sebelumnya" kata Eddy dalam keterangan resminya, Rabu (20/12/2023).

Senada dengan Eddy, Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay mengklaim, pernyataan Zulhas juga sama seperti ulama kondang yakni Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Adi Hidayat. Ia justru mengklaim, pernyataan Zulhas mencuplik dari ceramah kedua tokoh agama tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4200 seconds (0.1#10.140)