BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Selama Nataru

Rabu, 20 Desember 2023 - 10:41 WIB
loading...
BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Selama Nataru
BMKG mengimbau seluruh masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama Natal dan Tahun Baru (Nataru). Foto/Ilustrasi/Dok BMKG
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyebutkan, ada potensi cuaca ekstrem menjelang Natal dan setelahnya akibat dari posisi Indonesia diapit dua benua dan dua samudra.

"Waspadai untuk wilayah Indonesia bagian selatan, termasuk Jawa dan Sumatra bagian selatan itu, setelah Natal hingga sampai setelah Tahun Baru, awal bulan. Itu potensi hujan lebat bisa sampai ekstrem dapat disertai angin kencang," kata Dwikorita dalam keterangannya, Rabu (20/12/2023).



Dwikorita juga mengimbau, agar potensi cuaca ekstrem juga diperhatikan sebelum perayaan Natal, terutama untuk di wilayah Utara Indonesia dengan batasnya daerah khatulistiwa.

"Sebelum Natal, perlu kewaspadaan di wilayah Indonesia bagian utara, terutama di Utara khatulistiwa, Sumatra Utara, Aceh, dan Kalimantan," ucapnya.

Lebih jauh, Dwikorita juga menuturkan, adanya potensi gelombang tinggi di Samudra Hindia, Pasifik hingga Selat Sunda. Selain itu, ia mengingatkan adanya potensi arus laut dan angin kencang.

"Karenanya, kepada perusahaan pelayaran, angkutan penyeberangan, nelayan, dan masyarakat umumnya meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah terjadinya kecelakaan laut," ungkapnya.

"Masyarakat bisa mengakses informasi cuaca 24 jam penuh melalui aplikasi @infobmkg. Silakan akses informasi dari platform tersebut sebagai acuan dalam beraktivitas selama pekan Nataru. Disana juga terdapat informasi gempa bumi dan lain sebagainya,” pungkas dia.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)