Hadiri Istighosah, Yenny Wahid dan Atikoh Doakan Keselamatan Bangsa di Pemilu 2024

Selasa, 19 Desember 2023 - 19:43 WIB
loading...
Hadiri Istighosah, Yenny Wahid dan Atikoh Doakan Keselamatan Bangsa di Pemilu 2024
Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid bersama Siti Atikoh Supriyanti, menghadiri istighotsah umum dan doa untuk keselamatan bangsa dan rakyat Indonesia Pemilu 2024 di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan, Jawa Timur. Foto/MPI
A A A
JAWA TIMUR - Putri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh bersama Siti Atikoh Supriyanti, istri calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo , menghadiri istighosah umum dan doa untuk keselamatan bangsa dan Rakyat Indonesia Pemilu 2024. Kegiatan istighotsah tersebut diselenggarakan di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan, Jawa Timur.

Acara ini turut dihadiri Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan, KH. Idris Hamid, para kiai, ustaz dan ratusan santriwan dan santriwati.

Yenny Wahid dalam sambutannya menyampaikan Istighotsah Umum dan Doa untuk Keselamatan Bangsa ini dilakukan karena sebentar lagi akan menjalankan proses demokrasi. Yenny menjelaskan, dalam demokrasi menganut sistem di mana semua rakyat setara dan sama di mata hukum.



"Ini setara dengan prinsip-prinsip dalam Islam. Dalam demokrasi ada prinsip Liberty, Freedom and Justice. Liberty yaitu kebebasan," ujarnya, Selasa (19/12/2023).

Dijelaskannya, di antara kebebasan yang dijamin antara lain kebebasan dalam beribadah, merasa aman, bebas untuk mencari nafkah, bebas untuk mendapatkan akses keadilan, dan bebas untuk bisa sekolah setinggi-setingginya. "Salah satu prinsip Islam adalah keadilan, harus adil kepada semua sekeliling kita. Itulah yang dinamakan Sosio justice atau keadilan sosial," jelasnya.



Dalam kesempatan ini, Yenny juga menceritakan alasannya mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Menurutnya, sebelum mendukung paslon nomor urut 3 tersebut telah melakukan sejumlah proses riyadhoh spiritual, bertemua para kiai, dan istikharah dan dawuh.

Selanjutnya mengikuti kata hati sesuai petunjuk dan dhawuh-nya Nabi Muhammad SAW. "Hati kita sudah tahu pemimpin yang dibutuhkan negeri ini. Hati itu yang harus jadi patokan kita," ungkapnya.

Yenny yang kini menjadi Dewan Penasihat Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud mengatakan Indonesia saat ini menjadi 16 negara terkaya di dunia. Dan pada 2045 nanti dipredikasi akan menjadi 5 negara terkaya di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)