Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi Resmi Dibuka untuk Umum

Senin, 18 Desember 2023 - 19:31 WIB
loading...
Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi Resmi Dibuka untuk Umum
Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab (UEA) resmi dibuka untuk umum, Kamis (14/12/2023) pekan lalu. FOTO/KEDUBES RI untuk UEA
A A A
JAKARTA - Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) resmi dibuka untuk umum, Kamis (14/12/2023) pekan lalu. Peresmian masjid dilakukan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA YM Suhail Al Mazroei bersama Kepala Awqaf (Otoritas Umum untuk Urusan Islam dan Waqaf) Dr Omar Habtoor Al-Direi.

Peresmian Masjid Joko Widodo diawali dengan menanam pohon mangga, kemudian dilanjutkan foto bersama, salat zuhur, dan diakhiri dengan doa bersama oleh Imam Masjid Joko Widodo Ust Salman Alfarisi. Hadir dalam peresmian Dubes RI untuk UEA YM Husin Bagis dan Dubes UEA untuk Indonesia serta Dubes Non-Residen untuk Timor Leste, dan ASEAN, YM Abdullah Salem Aldhaheri.

Salat zuhur berjamaah juga dihadiri oleh Dubes ASEAN, korps diplomatik, entitas bisnis dan swasta, serta WNI yang berada di Abu Dhabi dan sekitarnya.



Masjid Presiden Joko Widodo berlokasi di area diplomatik Abu Dhabi, Jalan Presiden Joko Widodo. Masjid berdiri di atas tanah dengan luas 3.766 m2 dan dapat menampung hingga 2.500 jamaah. Masjid tersebut dibangun dengan bahan yang berkualitas tinggi. Selain itu, terdapat banyak ornamen kayu dan ukiran Asmaul Husna yang menghiasi masjid tersebut.

Husin Bagis mengatakan, pembukaan Masjid Presiden Joko Widodo untuk umum merupakan harapan yang disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri COP 28 di UEA. Pesan Jokowi tersebut, kemudian disampaikan Kedubes RI ke Pemerintah UEA.

"Alhamdulillah harapan tersebut langsung diwujudkan oleh Pemerintah UAE. Mudah-mudahan masjid Presiden Joko Widododapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Indonesia serta korps diplomatik yang ada di Abu Dhabi dan sekitarnya. Masjid ini menjadi simbol persaudaraan yang kuat antara kedua Presiden setelah adanya Masjid Sheikh Zayed di Solo," kata Husin Bagis dalam keterangan resminya dikutip, Senin (18/12/2023).



Husin berharap ke depan Masjid Presiden Joko Widodo dapat juga dimanfaatkan untuk pelaksanaan kegiatan masyarakat seperti salat Idulfitri ataupun Iduladha. Tidak hanya itu, diharapkan masyarakat Indonesia juga dapat belajar membaca Al-Quran di masjid tersebut.

Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi dibangun sejak 2021 dan selesai pada Oktober 2023. Kehadiran Masjid itu menjadi simbol kedekatan Indonesia dan UEA setelah adanya Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi. Sebaliknya di Indonesia disimbolkan oleh kehadiran Masjid Sheikh Zayed di Solo dan Jalan Tol Layang MBZ.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)