Ganjar Komitmen Berantas Budaya Sogok, Partai Perindo Tekankan 3 Poin Penting

Senin, 18 Desember 2023 - 18:37 WIB
loading...
Ganjar Komitmen Berantas Budaya Sogok, Partai Perindo Tekankan 3 Poin Penting
Ketua Bidang Politik DPP Partai Perindo, Yusuf Lakaseng menilai sogokan hingga kini masih marak dan menjadi penyakit masyarakat. Bahkan, budaya sogokan masih marak terjadi di pemerintahan. Foto/MPI
A A A
BANDUNG - Ketua Bidang Politik DPP Partai Perindo , Yusuf Lakaseng menilai sogokan hingga kini masih marak dan menjadi penyakit masyarakat. Bahkan, budaya sogokan masih marak terjadi di pemerintahan.

Menurut dia, budaya sogokan masih marak terjadi di Indonesia. Hal itu sesungguhnya bukan budaya tapi penyakit dalam masyarakat pra modern dengan kultur feodalisme yang aku. Bahkan masih berkarat pada masyarakat di semua level terutama pemimpin pemerintahan.

“Itu terjadi karena tingkat pendidikan pada masyarakat mayoritas di level rendah dan jika dilihat data Indonesia sekitar 74% pendidikan masyarakatnya masih SMA ke bawah,” ujarnya, Senin (18/12/2023).

Menurut dia, mengatasi masalah tersebut, solusinya ada tiga. Pertama, perbaikan pendidikan masyarakat agar semua penduduknya harus mengenyam pendidikan level perguruan tinggi. Hal ini agar literasinya bagus dan mereka mengenal ilmu pengetahuan dan tradisi modernisme.

Kedua, penegakan hukum yang adil tanpa pandang bulu. Hal ini agar ada efek jera kepada siapa pun yang melakukan praktik sogokan.

Ketiga, pentingnya keteladanan dari pemimpin. Langkah ini bisa dimulai pada level tertinggi dulu yaitu presiden dan wakil presiden diikuti menteri, gubernur, bupati dan wali kota sampai lurah dan kepala desa.



Sebelumnya, Capres Nomor Urut 3 Partai Perindo Ganjar Pranowo berkomitmen memberantas praktik sogokan yang saat ini masih terjadi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)