Kunjungi Ponpes Darussalam Watucongol Magelang, Ganjar Komitmen Jalankan UU Pesantren

Minggu, 17 Desember 2023 - 20:36 WIB
loading...
Kunjungi Ponpes Darussalam Watucongol Magelang, Ganjar Komitmen Jalankan UU Pesantren
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi Ponpes Darussalam Watucongol, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023). FOTO/MPI
A A A
MAGELANG - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo melanjutkan safari politiknya dengan mengunjungi salah satu pondok pesantren tertua di Jawa Tengah, yakni Ponpes Darussalam Watucongol, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023).

Kedatangan Ganjar langsung diterima oleh KH Nurul Hidayat, pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Watucongol. Ia kemudian langsung melaksanakan salat zuhur berjamaah bersama dengan KH Nurul dan para santri.

Menurut Ganjar, kedatangannya ke Ponpes Darussalam Watucongol, Magelang dalam rangka silaturahmi. Apalagi, usai purna tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar belum menyempatkan diri untuk mampir ke daerah Jateng.



"Hari ini kami bersilaturahmi kembali, bisa bertemu, bisa bercerita dan tentu sekarang ceritanya sedikit melebar karena dulu bicara Jawa Tengah, sekarang bicara Indonesia," kata Ganjar.

Ganjar mengaku bahagia karena bisa bersilaturahmi kembali ke Pondok Pesantren Darussalam Watucongol. Ia berdikusi dengan kiai, ulama, bu nyai, dan santri yang saat dirinya menjadi Gubernur Jawa Tengah selalu memberikan dukungan.

Capres berambut putih ini tidak menampik, banyak aspirasi dan masukan yang didapatkannya usai menyambangi Pondok Pesantren Darussalam. Salah satunya, jika terpilih menjadi Presiden agar dapat menjalan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

"Maka sebenarnya lebih banyak 'Pak laksanakan segera UU Pesantren', kalau dari mereka paling banyak itu," imbuh Ganjar.



Ditekankan Ganjar, ketika menjadi Gubernur Jawa ia sudah mempunyai pengalaman sudah menerapkan turunan UU Pesantren ini. Salah satu halnya membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Pesantren.

"Kalau pengalaman di Jawa Tengah dulu pasti perhatian ke ponpes itu sudah biasa melaksanakanlah, ada bangunan fisik, ruang kelas baru membuat tempat wudhu kadang-kadang fasilitas seperti peralatan pendidikan, ada juga perhatian kepada guru madrasah di ponpes, dan sudah kita kerjakan itulah," katanya.

Tidak sekadar Perda, kata Ganjar, dirinya bersama pasangannya yaitu calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD mempunyai tujuan agar ponpes untuk terus berperan memajukan negara dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda.

"Kemarin akan kita nasionalkan, sehingga Pak Mahfud me-launching di Sabang, sebenarnya itu pengalaman yang ada," kata Ganjar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)