Kunjungi Ponpes Sirnamiskin, Mahfud MD Baca Amalan Doa Gus Dur

Sabtu, 16 Desember 2023 - 19:59 WIB
loading...
Kunjungi Ponpes Sirnamiskin, Mahfud MD Baca Amalan Doa Gus Dur
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD saat berkunjung ke Ponpes Sirnamiskin, Kota Bandung, Sabtu (16/12/2023). Foto/MPI/agung bakti sarasa
A A A
BANDUNG - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD dua hari ini mengelilingi wilayah Jawa Barat. Setelah ke Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis, kini Mahfud melanjutkan kunjungannya ke Bandung dan beberapa wilayah lainnya.

Tempat pertama yang dikunjungi adalah Pondok Pesantren (Ponpes) Sirnamiskin. Mahfud yang tiba pukul 08.15 WIB langsung disambut pengasuh ponpes, KH Achmad Syaiful Rizal dan Rais Syuriah PCNU Kota Bandung, KH Ateng Muhaimin.

Mahfud pun dikalungi kain bernuansa putih dengan corak batik berwarna merah oleh Achmad Syaiful. Mengenakan batik warna merah, kedatangan Mahfud disambut dengan lantunan shalawat dari para santri.



Rupanya, Mahfud punya alasan khusus mengunjungi Ponpes Sirnamiskin. Ponpes ini menjadi salah satu saksi sejarah perjalanan para kiai Nahdlatul Ulama (NU).

Diketahui, KH Hasyim dan KH Ahmad Dimyati menjadi pendorong pendirian pesantren ini. Selain itu, KH Wahid Hasyim juga kerap ke pesantren tersebut. Pun KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) waktu kecilnya juga pernah mondok di ponpes ini. "KH Syaiful Rizal juga teman saya," ujar Mahfud, Sabtu (16/12/2023).



Pesantren ini, kata Mahfud, kerap menjadi tuan rumah jika NU punya tamu-tamu penting. Tak hanya itu, ponpes ini juga punya kedekatan dengan Gus Dur. "Jadi kami ini semacam tapak tilas pesantren yang dekat dengan Gus Dur. Apalagi hari ini (Sabtu) haul Gus Dur, hari peringatan wafat. Kalau Maulid itu hari peringatan lahir. Maka tepat hari ini saya ke sini," kata Menko Polhukam ini.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengaku, selalu ingat pesan dan ijazah doa dari guru ideologisnya. Gus Dur pernah berpesan, jika Mahfud hendak jadi pejabat agar masuk dan keluarnya nyaman dan tidak membebani orang diminta baca doa khusus.

Doa khusus dari Gus Dur itu nukilan dari QS Al Isra: 80 yang berbunyi:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2212 seconds (0.1#10.140)