Kabar Duka, Kepala LAN Adi Suryanto Meninggal Dunia

Jum'at, 15 Desember 2023 - 18:47 WIB
loading...
Kabar Duka, Kepala LAN Adi Suryanto Meninggal Dunia
Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto meninggal dunia di Yogyakarta, Jumat (15/12/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto meninggal dunia di Yogyakarta, Jumat (15/12/2023). Adi Suryanto yang wafat di usia 54 tahun akan dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023) besok.

"Duka cita mendalam atas kepergian Bapak Adi Suryanto (Kepala @LAN_RI periode 2015-2023). Semoga amal ibadah beliau diterima Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Aamiin," tulis Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di akun Twitternya, Jumat (15/12/2023).

Adi Suryanto dilantik sebagai Kepala LAN pada Rabu, 23 September 2015 menggantikan Agus Dwiyanto yang memasuki masa purna tugas. Jabatan Adi diperpanjang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 206/TPA Tahun 2020 tentang Perpanjangan Masa Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Lembaga Administrasi Negara.

Profil Singkat

Adi Suryanto dilahirkan pada 8 Desember 1969 di Kebumen, Jawa Tengah. Adi meniti karier di LAN cukup lama, 29 tahun. Ia memulasi dari jabatan terendah Eselon IV, kemudian naik Eselon III, Eselon II, Eselon I, sampai JPT Utama sebagai Kepala LAN.

Diklat yang pernah diikuti juga secara berjenjang dari Prajabatan sebagai 10 peserta Terbaik, Diklat ADUM sebagai peserta Terbaik I, Diklat SPAMA sebagai 10 peserta terbaik, Diklat Pim II sebagai 10 peserta Terbaik, dan Diklat Pim I sebagai Peserta Terbaik I.

Adi Suryanto termasuk sosok yang senang belajar. Selepas SMA, ia melanjutkan kuliah S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan lulus pada 1993. Adi meraih gelar Master di bidang Administrasi dan Kebijakan Publik Universitas Indonesia (UI) pada 2000. Tak berhenti di situ, ia juga melanjutkan pendidikan doktoral dengan mengambil jurusan Ilmu Politik di UI dan lulus pada 2008.

Pada Oktober 2023, Adi Suryanto dikukuhkan sebagai Guru Besar atau Profesor bidang Ilmu Administrasi Publik Politeknik STIA LAN Jakarta.

Adi Suryanto juga memiliki pengalaman profesional dalam berbagai aspek penyelenggaraan negara dan kebijakan. Mulai dari bidang pendidikan dan pelatihan aparatur, fasilitasi, kajian dan pengembangan, perkonsultansian, studi kebijakan, perencanaan pemerintahan, manajemen kinerja, dan sebagainya.

Sebagai seorang birokrat, Adi ternyata juga aktif menulis. Semenjak di bangku kuliah telah aktif menulis di berbagai surat kabar. Saat ini telah menulis berbagai jurnal dan artikel, buku, modul, paper kebijakan, dan sebagainya. Beberapa buku yang ditulis antara lain Evaluasi Manajemen Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Manajemen Pemerintahan Daerah, Konflik Elite dalam Pembentukan Provinsi Banten, dan sebagainya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4401 seconds (0.1#10.140)