Kisah Prajurit Kopassus di Medan Operasi, Dibuang 14 Kali dari Pesawat hingga Minum Air Bekas Kuda

Jum'at, 15 Desember 2023 - 06:08 WIB
loading...
Kisah Prajurit Kopassus di Medan Operasi, Dibuang 14 Kali dari Pesawat hingga Minum Air Bekas Kuda
Kopassus merupakan pasukan elite TNI AD yang selalu melahirkan prajurit-prajurit pemberani dan patriotik di medan operasi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merupakan pasukan elite TNI AD yang selalu melahirkan prajurit-prajurit pemberani dan patriotik di medan operasi. Tak heran jika pasukan dengan ciri khas Baret Merah ini kerap dikirim untuk menjalankan tugas operasi baik di dalam maupun di luar negeri.

Ada banyak cerita menarik dan unik yang dialami para prajurit Kopassus selama bertugas. Seperti yang dialami Pelda Sumardi saat bertugas ke Bosnia, salah satu negara pecahan dari Yugoslavia.

Prajurit yang memiliki kemampuan zeni demolisi ini dijuluki sebagai Mardi “Rambo” karena 14 kali diturunkan ke medan operasi. Rekor yang sangat luar biasa karena biasanya prajurit Kopassus paling hanya empat kali bertugas di daerah operasi.



Bagi Mardi Rambo, penugasannya ke Bosnia merupakan kebahagiaan. Ini tentu berbeda dengan masyarakat sipil, bertugas di daerah konflik merupakan musibah karena nyawa menjadi ancamannya. Namun siapa sangka, kebahagiaan yang dimaksud Mardi Rambo adalah bisa merasakan pesawat landing.

”Sueeneeeeng sekali ke Bosnia. Pesawat itu take off kemudian landing. Ternyata landing itu wuenaaakk sekali,” ucap Mardi Rambo saat ditanya penugasannya ke Bosnia dikutip dari buku berjudul “Kopassus untuk Indonesia” Jumat (15/12/2023).



Selidik punya selidiki, ternyata prajurit yang kenyang pengalaman di medan operasi ini baru pertama kali merasakan landing ketika mau ke Bosnia. Sebab selama ini, Mardi Rambo selalu hanya mengalami take off, karena biasanya sebelum landing ia sudah dibuang dari pesawat saat masih mengudara.

Kisah Prajurit Kopassus di Medan Operasi, Dibuang 14 Kali dari Pesawat hingga Minum Air Bekas Kuda


Lain lagi cerita yang dialami Mayor Umar saat betugas di medan operasi Darfur, Sudan. Perwira Kopassus yang tergabung dalam Kontingen Garuda United Nations African Mision in Darfur (UNAMID) ini berangkat ke Sudan di bawah Union Hybrid Operation yang menggabungkan PBB dan African Union (Uni Afrika).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)