Pengamat: Ganjar Sampaikan Program Terukur dan Rasional saat Debat Capres

Kamis, 14 Desember 2023 - 06:54 WIB
loading...
Pengamat: Ganjar Sampaikan Program Terukur dan Rasional saat Debat Capres
Penampilan calon presiden (caprer) nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam debat perdana capres 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa, 12 Desember 2022 malam diapresiasi pengamat politik Emrus Sihombing. Foto/MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Penampilan calon presiden (caprer) nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam debat perdana capres 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa, 12 Desember 2022 malam diapresiasi pengamat politik Emrus Sihombing. Emrus menilai apa yang disampaikan Ganjar dalam debat telah terukur dan rasional.

“Saya menangkan Ganjar, karena program yang disampaikan terukur, rasional membawa kebinekaan, serta menunjukkan suatu keputusan nasional,” kata Emrus dalam keterangannya dikutip Kamis (14/12/2023).

Doktor lulusan Universitas Padjajaran ini menilai program dan solusi yang ditawarkan Ganjar untuk menuntaskan permasalahan bangsa juga realistis.





“Apa yang disampaikan Ganjar bahwa dia dari Papua bisa menangkap keinginan masyarakat dari sana, berbicara kebutuhan rumah sakit dan puskesmas desa, dia menangkap fenomena itu dan sepertinya akan melakukan pembangunan di bidang kesehatan yang menurutnya penting," ujar Emrus.

Emrus juga mengapresiasi penampilan capres nomor urut 1 Anies Baswedan. Menurutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tampil dalam performa yang baik.

"Ganjar dan Anies Baswedan dua sosok yang menurut saya berada pada posisi yang grade-nya lebih tinggi," ujarnya.

Di sisi lain, Emrus merasa penampilan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto terkesan ekspresif. Ia pun menyoroti gestur Prabowo yang kerap berjoget.

Menurutnya, gestur itu tidak perlu dilakukan oleh Prabowo. Apalagi, kata Emrus, forum debat yang diselenggarakan KPU bersifat formal.

"Perilaku yang sifatnya informal mengangkat tangan seperti seolah menari sangat tidak tepat menurut saya, karena debat semalam sifatnya formal," ujar Emrus.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)