Siti Atikoh Didampingi Charles Honoris Edukasi Warga untuk Cegah Stunting

Kamis, 14 Desember 2023 - 06:30 WIB
loading...
Siti Atikoh Didampingi Charles Honoris Edukasi Warga untuk Cegah Stunting
Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh menghadiri kegiatan Ibu Sehat, Keluarga Kuat yang digelar relawan pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Kelurahan Kapuk, Jakarta Barat, Rabu (13/12/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh menghadiri kegiatan “Ibu Sehat, Keluarga Kuat” yang digelar relawan pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Kelurahan Kapuk, Jakarta Barat, Rabu (13/12/2023). Adapun tujuan digelarnya kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan ibu dan anak dalam upaya pencegahan stunting.

Atikoh dalam kunjungannya didampingi oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi PDIP Charles Honoris beserta istrinya Irene Honoris. Sejumlah tokoh masyarakat seperti Haji Kimung dan Jeffry Waworuntu juga hadir dalam acara tersebut.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung adalah pemeriksaan kesehatan gratis dan bazar sembako atas inisiatif warga. Karena kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan ibu dan anak.





Istri Charles Honoris, Irene Honoris menekankan pentingnya peran ibu dalam rumah tangga. “Kita sebagai perempuan Indonesia punya peran penting tidak hanya di keluarga tetapi juga di masyarakat. Jadi penting untuk kita untuk selalu sehat dan kuat,” kata Irene.

Hal senada juga disampaikan oleh Atikoh. “Tadi Bu Irene sampaikan bahwa perempuan itu harus kuat agar Indonesia kuat,” kata istri capres yang didukung oleh PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura itu.

Atikoh dalam program ini memberikan pemahaman kepada ibu-ibu mengenai pentingnya masa tumbuh kembang anak pada 1.000 hari pertama, dari awal masa kandungan sampai anak memasuki umur 2 tahun. Kegiatan ini selain memberikan penyuluhan mengenai makanan yang bergizi juga ada pemeriksaan gratis bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pemeriksaan berat badan anak.

"Ibu-ibu harus sehat. Karena ibu merupakan tulang punggung keluarga. Ibu yang menjaga keluarga. Terutama bagi ibu yang sedang hamil, itu harus sehat," ujar Atikoh di depan ibu-ibu saat menghadiri acara kegiatan ‘Ibu Sehat Keluarga Kuat’ itu.

Atikoh menambahkan, bagi yang sedang hamil dan memiliki anak balita harus memperhatikan asupan gizi terutama protein dan karbohidrat. “Protein itu paling mudah didapat dari telur. Mudah didapat dan gampang diolah. Sementara untuk anak perempuan remaja juga harus diperhatikan, karena seringkali mengalami anemia. Intinya Ibu dan anak harus sehat,” kata Atikoh.

Adapun program ini diikuti sekitar 1.000 warga yang berada di sekitar wilayah Kapuk, Jakarta Barat. Diketahui, data dari Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Barat, Kapuk merupakan kelurahan dengan tingkat kasus stunting tertinggi.

Atikoh mengatakan bahwa untuk memastikan ketepatan sasaran bantuan stunting, pihaknya harus dapat memetakan kantong-kantong wilayah stunting, serta mengidentifikasi layanan yang masih kurang dan harus diperbaiki.

Kegiatan “Ibu Sehat Keluarga Kuat” ini adalah salah satu program strategis dalam mendukung visi dan misi pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam upaya mempercepat membentuk manusia Indonesia unggul yang berkualitas, produktif dan berkepribadian. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)