Ganjar Pranowo Tawarkan Solusi Konkret soal Pengupahan Pekerja

Selasa, 12 Desember 2023 - 01:31 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Tawarkan Solusi Konkret soal Pengupahan Pekerja
Capres Nomor Urut 3 yang didukung oleh Partai Perindo, Ganjar Pranowo menawarkan solusi konkret terkait dengan pengupahan pekerja. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Capres Nomor Urut 3 yang didukung oleh Partai Perindo, Ganjar Pranowo menawarkan solusi konkret terkait dengan pengupahan pekerja. Ganjar menilai selama ini pekerja, pengusaha, dan pemerintah selalu merasa tidak puas dengan ketetapan pengupahan.

Ganjar kemudian membagikan pengalamannya saat menjadi Gubernur Jawa Tengah selama 10 tahun dan berupaya keras menyelesaikan masalah pengupahan.



Menurutnya, selama ini pekerja seringkali mengkhawatirkan beberapa hal jika menerima upah yang kecil, mulai dari kesehatan hingga biaya anak sekolah.

"Saya temukan 4 problem, buruh takut kalau sakit, maka BPJS hadir. Yang urus siapa? Negara dan perusahaan," ujar Ganjar dalam Dialog Apindo Capres 2024 bertajuk Roadmap Perekonomian Indonesia 2024-2029 di Menara Bank Mega, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Kemudian yang kedua, para pekerja takut anaknya tidak bisa sekolah. Oleh karena itu pihaknya menggratiskan sekolah negeri. Jika bersekolah di swasta dan masuk kategori keluarga miskin, akan dibantu oleh subsidi.

Kemudian menurut Ganjar, para pekerja juga sering bercerita kalau mereka boros pengeluaran untuk transportasi menuju dan pulang dari tempat kerja.

"Kami buatkan subsidi, saya buat bantuan pusat, maka saya bikin TransJateng yang masuk ke kawasan-kawasan industri, kamu hanya bayar 2.000 perak," ucap Ganjar.

Adapun yang terakhir adalah berkaitan dengan akomodasi. Ganjar menambahkan jika beberapa permasalahan pekerja diambil alih oleh pemerintah seperti formulasi yang ia terapkan di Jawa Tengah, maka ia yakin indeks kebahagian pekerja bisa meningkat.



"Kalau ditanya, disurvei, dia (pekerja) bisa menambah performa surveinya dari sisi indeks kebahagiaan pekerja," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)