Ganjar-Mahfud Dinilai Paslon Potensial Lanjutkan Keberhasilan Pembangunan Presiden Jokowi

Senin, 11 Desember 2023 - 08:58 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Dinilai Paslon Potensial Lanjutkan Keberhasilan Pembangunan Presiden Jokowi
Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dinilai kandidat yang paling potensial melanjutkan pembangunan Presiden Jokowi. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dinilai kandidat yang paling potensial melanjutkan pembangunan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Secara objektif, Ganjar-Mahfud yang paling potensial melanjutkan keberhasilan pembangunan Joko Widodo," ungkap peneliti SMRC Saidiman Ahmad saat dihubungi, Minggu (10/12/2023).

Pandangan itu, didasari lantaran Ganjar-Mahfud diyakini sangat menguasai persoalan kebijakan. Dalam banyak forum, lanjut Saidiman, keduanya tampil dengan elaborasi kebijakan yang cukup detail.

"Mereka mampu mengemukakan trade off dari semua tawaran kebijakan yang mereka ajukan. Karena itu, mereka tidak sekadar mengemukakan komitmen untuk melanjutkan kebijakan pemerintahan Jokowi, tapi juga bisa dengan objektif menunjukkan kelemahan atau kekurangan yang ada," ujar Saidiman.

Menurutnya, posisi itu jelas berbeda dengan pasangan Prabowo-Gibran yang dinilai tak kritis terhadap pemerintahan Jokowi. Kendati demikian, ia menjelaskan, Ganjar-Mahfud juga berbeda dengan Anies-Muhaimin.

"Anies juga cukup detail mengemukakan gagasan kebijakan, tapi dia mengambil posisi berbeda dengan pemerintahan. Mereka sejauh ini masih memposisikan diri sebagai antitesa pemerintahan Jokowi," terangnya.

"Sementara Ganjar-Mahfud, walaupun juga kritis, jelas mereka masih datang dengan semangat melanjutkan kebijakan lama yang baik dan menambah atau mengoreksi yang dinilai kurang relevan," tambah Saidiman.

Atas dasar itu, Saidiman merasa, Ganjar-Mahfud menjadi kandidat yang paling mungkin melanjutkan program Jokowi.



"Walaupun tidak sepenuhnya selalu mengikuti kebijakan Jokowi, tapi sikap kritis dan selektif Ganjar-Mahfud justru membuat mereka yang paling mungkin melanjutkan kebijakan Jokowi," tutur Saidiman.

"Jokowi kan datang dengan gagasan-gagasan baru yang realistis. Ganjar-Mahfud juga menunjukkan karakter seperti itu," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)