Ganjar Pranowo Berencana Jadikan Nusakambangan Lapas Koruptor

Sabtu, 09 Desember 2023 - 14:52 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Berencana Jadikan Nusakambangan Lapas Koruptor
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo bakal menjadikan Pulau Nusakambangan sebagai tempat untuk para koruptor. Foto/MPI/isty maulidya
A A A
CIREBON - Calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menegaskan, korupsi adalah tindakan amoral yang sangat merugikan rakyat. Oleh karena hal itu, korupsi harus dilawan dan diberantas dari Indonesia.

Ganjar menyatakan pemberantasan korupsi akan menjadi prioritas saat menjadi presiden. "Pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), menjadi salah satu prioritas yang akan diberantas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, pada Pilpres 2024," kata Ganjar saat memberikan Kuliah Kebangsaan di Kampus Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 8 Desember 2023.



Ganjar juga menyatakan akan menjadikan Pulau Nusakambangan di Provinsi Jawa Tengah sebagai lembaga pemasyarakatan bagi narapidana korupsi. Ini adalah salah satu cara Ganjar dalam menangani korupsi hingga ke akarnya.

"Pemberantasan korupsi harus dilakukan secara terpadu. Ini menjadi komitmen Prof Mahfud dan saya. Kalau bangsa ini ingin maju, korupsi harus diberangus sampai ke akar-akarnya," kata Gubernur Jawa Tengah dua periode itu.



Rakyat sendiri saat ini sudah sangat marah terhadap perilaku pejabat korup yang tak kunjung mendapatkan hukuman serius. Oleh karena itu, Ganjar menilai pemberantasan korupsi harus dilakukan dengan memperkuat posisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan instusi penegak hukum lainnya.

Selain itu, penanganan tindak pidana korupsi dilakukan melalui pengesahan UU Perampasan Aset koruptor dan penerapan kurikulum anti-KKN sejak di bangku sekolah sehingga perang melawan KKN bisa dilakukan seluruh elemen masyarakat sejak dini.

"Independensi KPK harus dipertahankan dan dijaga. Ingat, kita harus menyeret para pelaku tindak korupsi ke Nusakambangan. Saya bersama Prof Mahfud membawa gagasan untuk menggandakan anggaran, sikat KKN, dan poles birokrasi. Sebab korupsi membuat penerimaan negara tidak optimal. Korupsi harus dilawan karena membuat masyarakat kita susah,” pungkas Ganjar.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)