Kehadiran Ganjar ke IKN Jawab Harapan Masyarakat

Kamis, 07 Desember 2023 - 20:42 WIB
loading...
Kehadiran Ganjar ke IKN Jawab Harapan Masyarakat
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023). FOTO/MPI
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi Ibu Kota Nusantara ( IKN ) di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023). Kunjungan tersebut menjawab harapan masyarakat luas dan investor atas keberlanjutan proyek strategis tersebut bagi masa depan pembangunan Indonesia yang merata.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengungkapkan, Ganjar harus bisa menunjukkan sikap jelas, yang membuatnya berbeda dengan paslon lain. Hal itu penting agar masyarakat dan investor bisa melihat posisi jelas Ganjar dari kandidat lain. Ketegasan sikap Ganjar tersebut ditunggu masyarakat dan investor.

"(Kunjungan) Itu sangat penting, juga sangat dibutuhkan, dan itu juga ditunggu-tunggu juga masyarakat, bagaimana posisi Ganjar sendiri," katanya.



Salah satu tantangan proyek IKN adalah belum banyaknya pelaku usaha swasta yang masuk. Menurut dia, salah satu alasannya karena pihak swasta masih menunggu sosok pengganti Jokowi dan sikapnya terhadap proyek IKN.

"Kita memang juga melihat sektor swasta belum kelihatan ingin serius, masih ragu. Karena pertama bisa juga aspek hukum. Yang kedua adalah aspek kepastian siapa yang akan menjadi presiden. Siapa yang akan menggaransi akan meneruskan proyek itu atau regulasi soal pemindahan Ibu Kota," katanya.

Ganjar sendiri telah menegaskan kunjungan ke IKN sebagai wujud komitmennya terhadap pembangunan IKN. Proyek tersebut bakal diteruskan apabila dirinya dan cawapres Mahfud MD memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Untuk menunjukkan sebuah komitmen bahwa saya orang yang konsisten atas pelaksanaan sebuah aturan," kata Ganjar di Titik Nol IKN, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023).



Menurut Ganjar, rencana pemindahan ibu kota telah disiapkan sejak zaman kepemimpinan Presiden pertama RI Soekarno. Rencana tersebut tak kunjung terealisasi hingga masa pemerintahan Presiden ke-7 RI Joko Widodo.

Karena itu, Ganjar menegaskan akan melanjutkan dan menyiapkan dengan betul pembangunan IKN agar bisa berjalan sesuai dengan rencana. Tak hanya itu, Ganjar mengaku sudah siap berkantor di IKN jika terpilih menjadi presiden ke-8 RI.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu berharap IKN dapat menjadi kota masa depan dengan modernitas kemajuan peradaban. IKN bakal menjadi upaya besar untuk mewujudkan mimpi-mimpi anak bangsa.

"Inilah kota masa depan yang didesain menjadi mimpi, modernitas kemajuan peradaban sekaligus bagaimana kita bicara mimpi-mimpi anak bangsa," kata Ganjar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)