Pengamat Sebut Ganjar dan Jokowi Satu Ideologi soal IKN

Kamis, 07 Desember 2023 - 17:44 WIB
loading...
Pengamat Sebut Ganjar dan Jokowi Satu Ideologi soal IKN
Capres Ganjar Pranowo saat mengunjungi Titik Nol IKN, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023) siang. FOTO/MPI
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyatakan akan melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ) yang sudah dimulai oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Hal itu ditegaskan Ganjar saat mengunjungi Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023) siang.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengungkapkan, ada sejumlah pesan yang dapat dibaca dari kunjungan Ganjar. Salah satunya, pesan Ganjar bakal melanjutkan pembangunan IKN.

"Jadi sebetulnya apakah kedatangan Ganjar adalah merepresentasikan ketegasan atau garis hitam penuh, garis tebal bahwa Ganjar akan melanjutkan program program-program Presiden Jokowi," katanya, Kamis (7/12/2023).



Selain itu, kedatangan Ganjar ke IKN juga menunjukkan keterkaitan secara ideologis dengan Bung Karno. Sebagaimana diketahui, pemindahan ibu kota negara merupakan mimpi besar sang Proklamator Indonesia itu. Karena itu kehadiran Ganjar dapat dilihat sebagai tanda bahwa dirinya akan melanjutkan proyek yang dicita-citakan oleh Bung Karno dan telah dimulai oleh Presiden Jokowi.

"Karena memang ide pemindahan ibu kota, IKN itu adalah Bung Karno, tapi yang bisa mulai mengeksekusi adalah di masa pemerintahan Presiden Jokowi," katanya.

Hal tersebut juga menunjukkan PDIP sebagai partai pengusung Ganjar, melihat proyek IKN tidak sebatas pada sosok Jokowi. Lebih dari itu, pemindahan ibu kota merupakan gagasan besar Bung Karno yang harus diwujudkan.

"Itu juga justru menunjukkan bahwa memang PDIP satu garis, satu pandangan bahwa IKN itu bukan soal Jokowi saja tapi IKN itu juga terkait dengan Bung Karno dan PDIP," katanya.



Untuk diketahui, Ganjar menegaskan kunjungan ke Sepaku sebagai wujud komitmennya terhadap pembangunan IKN. Proyek tersebut bakal diteruskan apabila dirinya dan Mahfud MD memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)