Pandang IKN Kota Masa Depan, Ganjar Sebut Kemajuan Peradaban Sekaligus Mimpi Anak Bangsa

Kamis, 07 Desember 2023 - 15:19 WIB
loading...
Pandang IKN Kota Masa Depan, Ganjar Sebut Kemajuan Peradaban Sekaligus Mimpi Anak Bangsa
Capres 2024 Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo saat berkunjung dan melihat langsung perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023). Foto/MPI
A A A
PENAJAM PASER - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menilai Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan kota masa depan yang didesain secara modern untuk sebuah mimpi besar.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo saat berkunjung dan melihat langsung perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023).



"Ini juga untuk kemajuan peradaban sekaligus bagaimana kita bicara mimpi-mimpi anak bangsa. Jadi, saya ke sini untuk menunjukkan komitmen itu," ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan sudah dirancang sejak era Presiden Soekarno.

Menurutnya, RUU Ibu Kota Nusantara (IKN) yang kini telah disahkan menjadi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN (UU IKN) sehingga wajib dilanjutkan.

"Maka tugas kita adalah melanjutkan dan kita siapkan betul dengan baik agar ini bisa berjalan sesuai dengan rencana," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Ganjar mengunjungi Rumah Teknologi Nusantara yang berada di Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bangunan itu diperuntukkan sebagai destinasi edukasi mengenai konsep perkembangan IKN.

Selanjutnya, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menuju Titik Nol Nusantara IKN. Di sana, ia melihat pohon kepel (stelechocarpus burahol) yang ditanamnya. Pohon kepel merupakan penghasil buah kegemaran para putri keraton Jawa.

Perjalanan dilanjutkan ke Menara Pandang. Dari atas menara, capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu melihat proses pembangunan kompleks pemerintahan.

Terakhir, Capres 2024 yang diusung Partai Perindo itu melihat secara dekat proses pembangunan Istana Negara IKN. Ganjar mengatakan dirinya berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan IKN di Kalimantan Timur.



"Saya orang yang konsisten tidak pernah bergeser atas pelaksanaan sebuah peraturan dan tentu saja IKN ini sebuah konsep yang disiapkan bahkan sejak zaman Bung Karno, di mana ada perencanaan untuk memindahkan Ibu Kota," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)