Tak Hanya Asam Folat, Mahfud MD Jelaskan Vitamin D dan Kalsium untuk Ibu Hamil

Kamis, 07 Desember 2023 - 01:15 WIB
loading...
Tak Hanya Asam Folat, Mahfud MD Jelaskan Vitamin D dan Kalsium untuk Ibu Hamil
Cawapres Mahfud MD menegaskan pentingnya asam folat, vitamin D, dan kalsium bagi ibu hamil. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka ternyata tak hanya sekali salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat. Gibran sedikitnya sudah dua kali menyebutkan zat bersifat korosif tersebut sebagai zat yang dibutuhkan untuk ibu hamil agar tercegah dari stunting.

Pertama saat dirinya menghadiri diskusi di kawasan Senopati, Jakarta Selatan pada Minggu, 3 Desember 2023, kedua saat berbicara di hadapan santri Pondok Pesantren Assiddiqiyah 2 Tangerang.

Berbeda dengan Gibran, Mahfud MD sebagai cawapres dari capres Ganjar Pranowo membabat habis pertanyaan panelis Effendi Gazali saat diminta menyebutkan 3 kandungan yang dibutuhkan ibu hamil di acara “Menuju Pemilu”



“Yang belum disebut Cak Imin itu Kalsium, Vitamin D, kemudian ya Asam Folat,” papar Mahfud MD dengan lantang, Rabu (6/12/2023).

Sontak riuh dari penonton memberi tepuk tangan yang meriah ketika jawaban tersebut dilontarkan Mahfud MD.



Sebagai informasi, asam sulfat merupakan cairan berbahaya yang biasanya dipakai untuk pembuatan aki, pupuk, pulp, dan kertas. Cairan ini juga banyak digunakan dalam industri kimia dan pupuk. Salah satu sifat asam sulfat adalah korosif karena mudah terbakar.

Zat yang dibutuhkan ibu hamil sebenarnya adalah asam folat yang merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks. Bagi ibu hamil, asam folat termasuk asupan penting selain zat besi, kalsium, dan mineral.

Gibran belakangan mengakui kesalahannya menyebut asam folat menjadi asam sulfat. Pria berusia 36 tahun itu pun menyampaikan permohonan maaf.

"Apa sih kemarin saya nyebutnya? Asam sulfat ya. Ya mohon maaf, mohon dikoreksi ya," kata Gibran di GBK Arena, Jakarta, Senin, 4 Desember 2023 malam.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)