Menteri Desa: Padat Karya Akan Ciptakan Daya Beli Rp100 Triliun di Desa

Sabtu, 30 Desember 2017 - 14:52 WIB
Menteri Desa: Padat Karya Akan Ciptakan Daya Beli Rp100 Triliun di Desa
Menteri Desa: Padat Karya Akan Ciptakan Daya Beli Rp100 Triliun di Desa
A A A
ALOR - Program padat karya yang akan dimulai pada 2018 akan menciptakan daya beli Rp100 triliun di desa. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, program padat karya termuat dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) dari 4 kementerian yakni, Kementerian Keuangan, Kemendes, Kementerian Dalam Negeri, dan Bappenas sebagai landasan pelaksanaan program.

Dalam SKB 4 menteri tersebut, salah satu titik tekannya adalah larangan pengunaan kontraktor dalam berbagai program pembangunan di kawasan perdesaan. Semua proyek pembangunan harus dilaksanakan secara swakelola sehingga dari tenaga kerja, bahan material, hingga konsumsi yang digunakan selama pelaksanaan proyek berasal dari warga desa sendiri.

“Jadi nanti ada 30% dari dana desa pada 2018 atau sekitar Rp18 triliun yang digunakan untuk program padat karya. Kami harapkan dana sebesar itu akan menyerap sekitar 5-6,6 juta tenaga kerja. Dengan demikian akan ada peningkatan daya beli hingga hampir Rp100 triliun di kawasan perdesaan,” katanya di hadapan para camat, kepala desa dan tokoh masyarakat di Desa Waisika, Alor Timur Laut, Kepulauan Alor.

Lanjutnya, berbagai program pembangunan telah dilaksanakan untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di berbagai desa di tanah air. Salah satu dampak dari berbagai program tersebut adalah adanya penurunan angka kemiskinan dan pengangguran di kawasan perdesaan.

“Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (BPS) tiga tahun terakhir ini telah terjadi penurunan angka kemiskinan di kawasan perdesaan sebesar 4,5%. Angka pengangguran di kawasan perdesaan pun saat ini lebih rendah dibandingkan pengangguran di kawasan perkotaan,” ujarnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5859 seconds (0.1#10.140)