Kunjungi Warga Kulon Progo, Atikoh Ganjar Disambut Gejog Lesung Yogyakarta

Rabu, 06 Desember 2023 - 11:51 WIB
loading...
Kunjungi Warga Kulon Progo, Atikoh Ganjar Disambut Gejog Lesung Yogyakarta
Setelah selesai menyusuri Jawa Barat, Siti Atikoh Ganjar melanjutkan perjalanan safari politiknya ke DI Yogyakarta, yakni di Kulon Progo, Rabu (6/12/2023). Foto/Devi Ari Rahmadhani/MPI
A A A
YOGYAKARTA - Setelah selesai menyusuri Jawa Barat, Siti Atikoh Ganjar melanjutkan perjalanan safari politiknya ke DI Yogyakarta. Lokasi pertama yang dikunjungi yakni Balai Roro Jonggrang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, Rabu (6/12/2023).

Dalam kesempatan ini, Siti Atikoh bertemu dengan Kelompok Wanita Tani dan Muslimat Kulon Progo.
Kedatangan Siti Atikoh Ganjar disambut dengan gejog lesung Yogyakarta yang merupakan kesenian tradisional berupa permainan instrumen musik perkusi menggunakan alat penumbuk padi tradisional (lesung).

Tradisi ini berkembang dalam masyarakat agraris di berbagai kabupaten di DI Yogyakarta. Gejog lesung ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas melimpahnya hasil panen.



Tidak hanya melihat permainan gejog lesung Yogyakarta, dalam kesempatan ini Siti Atikoh juga turut memainkan kesenian khas Jogja ini. Istri calon presine 2024 Ganjar Pranowo memainkan gojong lesung dengan antusias dan tidak lupa memamerkan senyum manisnya.

Tidak hanya itu saja, Siti Atikoh juga menyempatkan waktu untuk bernyanyi lagu daerah Sluku-Sluku Batok bersama ibu-ibu petani dengan iringan gendang. Keseruan tidak hanya sampai di situ saja. Ketika memasuki ruangan,

Keseruan berlanjut saat memasuki ruangan. Dalam kesempatan ini, seluruh warga terlihat sangat antusias dalam menyambut kedatangan Siti Atikoh. Semuanya berebut untuk salaman pada Siti Atikoh. Kemudian, acara berlanjut dengan mengunjungi stan-stan produk UMKM.

Ibunda dari Alam Ganjar ini terkesima dengan salah satu produk olahan pertanian yakni dawet temulawak dan jampi pawukon. Melalui kesempatan ini petani menunjukkan telah mengolah hasil pertanian menjadi berbagai macam produk.

Tidak hanya sampai di situ, melalui kesempatan ini, Siti Atikoh pun mendengar beberapa aspirasi dari para petani. Salah satu petani bernama Ismayanti mengaku pas panen bagus ada operasi pasar yang membuat harga jatuh seolah petani dimiskinkan.

Adapun keluhan selanjutnya, Ismayanti meminta ruang hidupnya dibebaskan, jangan dirampas. "Kami mohon ruang hidup kami dirampas dengan penambangan bijih besi di Kulonprogo yang tak menghasilkan buat negara. Kami merasa hanya diapusi (dibohongi). Mohon dicabut kontrak karyanya," kata Ismayanti.

Terkait beberapa keluhan petani tersebut, Siti Atikoh langsung mencatatan seluruh keluhan tersebut untuk disampaikan kepasa sang suami, calon presiden 2024 Ganjar Pranowo. Tentunya nanti masalah tersebut akan menjadi program kerja jangka panjang yang akan diselesaikan jika Ganjar-Mahfud jadi presiden.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)