10 Tantangan Pancasila di Era Globalisasi yang Perlu Diwaspadai

Selasa, 05 Desember 2023 - 16:18 WIB
loading...
A A A

8. Konflik Sosial


Konflik sosial bisa menjadi tantangan bagi penerapan nilai-nilai Pancasila di masyarakat. Pancasila menggarisbawahi prinsip-prinsip seperti persatuan, keadilan sosial, dan demokrasi yang menjadi landasan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Namun, konflik sosial dapat mengancam prinsip-prinsip tersebut karena dapat memecah belah persatuan, mengganggu keadilan, dan menghambat proses demokrasi.

Contohnya, konflik antar-etnis atau agama dapat mengancam persatuan dan kerukunan antarwarga yang merupakan bagian dari nilai persatuan dalam Pancasila.

9. Sistem Hukum Modern


Pancasila, sebagai dasar negara Indonesia, memiliki nilai-nilai yang mendasari sistem hukum yang berbeda dengan sistem hukum modern.

Sistem hukum modern sering kali bersifat terpisah-pisah dan beragam, terutama dalam negara yang memiliki banyak budaya dan agama yang berbeda.

Pancasila menekankan keadilan sosial. Sementara sistem hukum modern sering kali menghadapi tantangan dalam menciptakan sistem hukum yang adil bagi semua lapisan masyarakat tanpa diskriminasi.

10. Sikap Intoleransi


Intoleransi merupakan salah satu tantangan yang dapat mengancam nilai-nilai Pancasila. Ketika masyarakat tidak dapat menghormati perbedaan maka dapat mengganggu fondasi Pancasila.

Pancasila mendorong kesatuan dalam keragaman, tetapi intoleransi justru menimbulkan perpecahan. Misalnya, ketika ada sikap diskriminatif terhadap suku, agama, ras, dan antargolongan. Hal itu bertentangan dengan nilai-nilai kesetaraan yang dianut oleh Pancasila.

Demikian 10 tantangan Pancasila di era globalisasi yang perlu diwaspadai oleh seluruh lapisan masyarakat. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)