Mitigasi Bencana Alam, Ganjar Bakal Perbaiki Tata Ruang hingga Edukasi Masyarakat

Senin, 04 Desember 2023 - 19:44 WIB
loading...
Mitigasi Bencana Alam, Ganjar Bakal Perbaiki Tata Ruang hingga Edukasi Masyarakat
Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku telah menyiapkan skema mitigasi bencana bila terpilih menjadi Presiden 2024, Senin (4/12/2023). Foto/MPI
A A A
DONGGALA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo mengaku telah menyiapkan skema mitigasi bencana bila terpilih menjadi Presiden 2024. Setidaknya, ada dua hal yang akan dilakukan Ganjar dalam memitigasi bencana alam

"Satu, tata ruang. Tata ruangnya mesti firm betul sehingga ketika akan dilakukan sebuah pemanfaatan di atasnya, mesti memperhatikan satu perencanaan," tutur Ganjar saat ditemui di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Senin (4/12/2023).



Langkah kedua, Ganjar akan mengerahkan lembaga negara terkait seperti BNPB hingga BPBD untuk mengedukasi masyarakat terkait mitigasi bencana. Dalam mengedukasi itu, ia beremcana akan melibatkan para relawan.

"Kalau masyarakat sudah teredukasi, mereka biasanya punya early warning system yang punya karakter lokal, sehingga kalau terjadi sesuatu mereka bisa menangani dan menyelamatkan diri sendiri," tuturnya.

"Kami punya beberapa contoh-contoh berbasis komunitas yang bisa melakukan itu dan ini menjadi perhatian utama kita. Termasuk memitigasi kerusakan karena ulah manusia, itu yang mesti disiapkan," kata Ganjar.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)