Siap Hadapi Debat Capres-Cawapres 2024, Ganjar-Mahfud MD Usung Program Antikorupsi

Sabtu, 02 Desember 2023 - 17:01 WIB
loading...
Siap Hadapi Debat Capres-Cawapres 2024, Ganjar-Mahfud MD Usung Program Antikorupsi
Paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD siap menghadapi debat pertama Capres-Cawapres 2024 yang diagendakan KPU. Foto/MPI/agung bakti sarasa
A A A
JAKARTA - Pasangan calon (Paslon) nomor urut 3, Ganjar Pranowo- Mahfud MD siap menghadapi debat pertama Capres-Cawapres 2024 yang diagendakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 12 Desember 2023.

Duet Ganjar-Mahfud yang akan berkontestasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 itu memastikan akan mengusung program unggulan Antikorupsi pada acara debat nanti.

"Pemberantasan korupsi menjadi visi misi unggulan kami. Korupsi harus disikat habis sampai ke akar-akarnya,” kata Ganjar usai bertemu kalangan anak muda di La Cove Restaurant, Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat, 1 Desember 2023.



Diketahui, KPU telah menetapkan jadwal dan tema debat Capres-Cawapres untuk tahapan Pilpres 2024 yang akan digelar sebanyak 5 kali. Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 tidak digelar terpisah, tapi bersama-sama.

Pada debat pertama, KPU menetapkan tema yang diangkat adalah tentang Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.



Ganjar menyatakan, selama ini, dirinya bersama Mahfud telah mempraktikkan gerakan antikorupsi dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai pejabat publik.

“Kami sudah siap lahir dan batin. Pas temanya, mitra saya kan Prof Mahfud. Insya Allah, kami sama-sama berpengalaman dan Prof Mahfud dikenal sebagai pendekar di bidang hukum,” kata Capres Partai Perindo itu.

Pelaksanaan debat Capres-Cawapres diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024. Nantinya, debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 disiarkan langsung secara nasional oleh media massa elektronik melalui lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta. Selain itu, debat capres-cawapres juga dapat disiarkan ulang selama masa kampanye.

Suami Atikoh itu mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk debat capres-cawapres. Pasalnya, Ganjar telah berpengalaman adu gagasan dalam debat calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah. “Nggak ada persiapan khusus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ganjar menjelaskan pemberantasan korupsi mesti dilakukan hingga ke akar-akarnya demi mewujudkan Indonesia unggul.

"Caranya, satu kita harus mencegah korupsi dengan memperbaiki sistem kelembagaan dan regulasi harus jelas. Dan, yang paling penting adalah aktornya harus benar-benar bersih. Kalau aktornya gak benar, ya dia akan terlibat, biasanya. Dan, pemberantasan korupsi akan diawasi top leader. Komitmen antikorupsi tidak cukup hanya di pemerintah, tetapi di masyarakat juga," tandas Ganjar.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)