Di Holaqoh Kebangsaan Ulama se-Banten, Mahfud: Pesantren Berperan Penting di Indonesia

Sabtu, 02 Desember 2023 - 16:55 WIB
loading...
Di Holaqoh Kebangsaan Ulama se-Banten, Mahfud: Pesantren Berperan Penting di Indonesia
Cawapres Mahfud MD saat menghadiri Holaqoh Kebangsaan Bersama Ulama se-Provinsi Banten di Pondok Pesantren Mathlaul Anwar Linahdlatil Ulama (Malnu), Pandeglang, Banten. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (Cawapres) Mahfud MD menegaskan pondok pesantren (Ponpes) memiliki peran penting dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Mahfud MD saat menghadiri Holaqoh Kebangsaan Bersama Ulama se-Provinsi Banten di Pondok Pesantren Mathlaul Anwar Linahdlatil Ulama (Malnu), Pandeglang, Banten, Jumat, 1 Desember 2023 pagi. Kehadiran pasangan calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 itu disambut hangat para kiai dan santri.

Momen kehadiran di Holaqoh Kebangsaan Bersama Ulama se-Provinsi Banten dibagikan Mahfud MD di Instagram pribadinya, @mohmahfudmd. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu tampak mengenakan baju koko warna putih, peci hitam, lengkap dengan syal bergambar bendera Palestina, dan celana kain warna cokelat.



"Terima kasih atas sambutan hangatnya para kyai yg hadir dalam Holaqoh Kebangsaan bersama ulama se-Provinsi Banten, di Pondok Pesantren Mathlaul Anwar Linahdlatil Ulama (Malnu), Banten pagi td," tulis Mahfud MD dalam keterangan foto unggahannya dikutip, Sabtu (2/12/2023).

Menurut Mahfud, keberadaan pondok pesantren (ponpes) sangat penting di Indonesia. Lembaga pendidikan keagamaan itu mewarnai perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya.



"Pesantren memiliki peran penting dalam perjuangan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, pesantren harus menjadi bagian penting dari pembangunan bangsa ke depan," tulis Mahfud lagi.

Usai menghadiri Holaqoh Kebangsaan Bersama Ulama se-Provinsi Banten, Mahfud MD tak langsung meninggalkan tempat acara. Mahfud melanjutkan Salat Jumat di Ponpes Malnu. Tanpa direncana, Mahfud didaulat menjadi khatib sekaligus imam salat Jumat.

"Tadinya berniat untuk jamaah saja, malah diminta jadi Khatib sekaligus Imam shalat Jumat. Shalat Jumat bersama para santri lagi-lagi mengingatkan saya pada masa lalu di pesantren," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)