Romo dan Pendeta di Ende Sebut Ganjar Pranowo Tokoh Pemersatu

Sabtu, 02 Desember 2023 - 14:36 WIB
loading...
Romo dan Pendeta di Ende Sebut Ganjar Pranowo Tokoh Pemersatu
Romo dan pendeta di Keuskupan Agung Ende menyebut Capres Ganjar Pranowo sebagai tokoh pemersatu. Foto/MPI/danandaya putra
A A A
ENDE - Calon Presiden (Capres) yang didukung Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ganjar Pranowo disebut sebagai tokoh pemersatu.

Hal itu terungkap saat dialog bersama sejumlah romo, pendeta, dan suster di Keuskupan Agung Ende, Ndona, Gheogoma, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar berdiskusi tentang bagaimana menjaga persatuan bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.



Administrator Diosesan Keuskupan Agung Ende, Romo Yosef Daslan Moang Kabu menyebut persatuan Indonesia sangat penting dijaga dengan sosok kepemimpinan terbaik. Pihaknya yakin pasangan Ganjar-Mahfud MD mampu mewujudkan pemersatu bangsa.

“Pak Ganjar dan Pak Mahfud MD, capres dan akan menjadi presiden, adalah tokoh pemersatu, penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Romo Yosef di lokasi.



Romo Yosef mengakui, segala hal yang berkaitan dengan pecah belah kesatuan dan persatuan bukan tugas mudah bagi seorang pemimpin Indonesia. Namun pihaknya siap berkontribusi membantu kepemimpinan Ganjar untuk menyebarkan kedamaian, ketentraman, dan kebhinekaan di NKRI.

“Pak Ganjar dan Pak Mahfud sebagai paket yang kami harapkan menjadi presiden dan wakil presiden betul-betul memberi ruang kepada kami untuk wilayah Indonesia timur ini,” tuturnya.

Dirinya berharap, nantinya melalui kepemimpinan Ganjar-Mahfud, program persatuan tersebut dapat sejalan dengan pembangunan Indonesia yang tak hanya Jawa dan Sumatera sentris, tapi Indonesia sentris.

“Yaitu pembangunan yang bukan lagi berdasarkan Jawa sentris tapi Indonesia sentris. Itu yang baik, dan benar bukan hanya IKN (Ibu Kota Nusantara)-nya tapi seluruh program kegiatan kita ke depan,” tuturnya.

Sementara itu, Ganjar mengucapkan rasa terima kasih kepada para romo, pendeta, dan suster Keuskupan Ende yang telah menyampaikan aspirasi dan gagasannya tentang persatuan Indonesia. Dirinya pun berkomitmen untuk menjaga persatuan dan melakukan pembangunan merata di Indonesia. “Tentu saja kenapa kami dari tim pada hari pertama keluar dari Jawa. Saya ke Merauke, Pak Mahfud dari Sabang,” tuturnya.

Di Keuskupan Agung Ende, Ganjar juga menyempatkan ziarah ke makam Mendiang Uskup Agung Ende Vincentius Sensi Potokota atau Uskup Sensi. Uskup Sensi meninggal dunia pada 19 November 2023.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)