Pernah Jadi Generasi Sandwich, Sandiaga Uno Bagikan Tips Sukses ke Anak Muda

Sabtu, 02 Desember 2023 - 03:57 WIB
loading...
Pernah Jadi Generasi Sandwich, Sandiaga Uno Bagikan Tips Sukses ke Anak Muda
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno mengaku pernah menjadi generasi sandwich. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno mengaku pernah menjadi generasi sandwich. Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud ini pernah merasakan harus menanggung hidup 3 generasi yaitu orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya.

"Dulu saya jadi generasi sandwich, kerja profesional hampir 8 tahun profesional dan di tahun 97 saya di-PHK. Saya kehilangan pekerjaan, penghasilan akhirnya saya harus memulai dari titik nol," kata Sandi dalam kegiatan Coffee Break, Diskusi Santai, dan Inspiratif di Naf Space, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (1/12/2023) malam.

Namun berkat kerja kerasnya dan memohon permintaan dari Tuhan Yang Maha Esa, kini dia berhasil menjadi seorang pengusaha sukses. Sandi berhasil menciptakan lapangan pekerjaan untuk 30 ribu orang di seluruh Indonesia.





"Tapi rupanya Allah SWT mengubah hidup saya tadi profesional menjadi pengusaha, alhamdulillah tahun 1997 saya punya usaha dari 3 orang karyawan. Setelah 25 tahun usaha saya telah membuka lapangan pekerjaan untuk 30 ribu karyawan di seluruh Indonesia," katanya.

Dia pun juga memberikan sejumlah tips kesuksesan untuk generasi muda. "Mau sukses? Sekarang di zaman teknologi, kerja cerdas, kerja tuntas, mau berkah? Kerja ikhlas. Rejeki tidak pernah tertukar semua dengan ikhtiar," katanya.

Pada kesempatan itu, dia juga turut bertemu dengan puluhan anak muda dan ibu-ibu yang memulai usaha di bidang ekonomi kreatif. Termasuk juga usaha-usaha pemula dengan memberikan pelatihan agar bisa berkembang dan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Antusiasnya luar biasa dan setelah ini akan ada inkubasi selama 2 bulan kita siapkan supaya mereka mendapatkan 3P yakni pelatihan, pemasaran, dan permodalan," tutur dia.

Dia pun meyakini dan optimistis UMKM dapat berkembang pesat. Hal ini dikarenakan UMKM menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia hingga 61%.

"Ekonomi kita ditopang oleh UMKM dan 97% lapangan kerja diciptakan oleh UMKM. Kita harapkan bisa menjadi juara-juara dari persaingan ekonomi ke depan," tuturnya.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Sandination atau Sandi Uno for a Better Nation yang merupakan program pengembangan diri untuk masyarakat terutama generasi muda untuk mengembangkan kemampuan di bidang kepemimpinan dalam karier dan bisnis. Program tersebut bertujuan untuk menciptakan pemimpin masa depan yang kompeten dan berintegritas binaan Sandiaga Uno.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)